Geger Seleb TikTok Pakai Semprotan Penggelap Hidung, Disomasi Dokter?

Semprotan Penggelap Hidung
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Beberapa waktu belakangan, para influencer luar negeri dan pengguna TikTok mulai mempromosikan semprotan penggelap hidung atau nasal tanning spray. Produsen semprotan tersebut menyatakan bahwa produknya bisa menggelapkan hidung secara instan tanpa harus berjemur di bawah sinar matahari. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Salah seorang seleb TikTok yang bernama Hannah Hill mengaku bahwa dirinya tak akan berhenti untuk memakai semprotan hidung tersebut, tidak memperdulikan besar risikonya. Akan tetapi, pemakaian produk tersebut mendapatkan peringatan keras dari Dermatolog atau dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Mengandung Melanotan

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

hidung tersumbat

Photo :
  • U-Report

Produsen semprotan penggelap hidung adalah salah satu dari banyak bisnis yang cukup populer di Beauty Tok. Para pengguna nantinya akan menghirup senyawa tanpa izin yang dinamakan sebagai melanotan II untuk membantu mereka dalam mencapai warna cokelat yang lebih gelap. Kini, banyak orang yang merekomendasikan semprotan hidung tersebut. 

Zara Putri Ridwan Kamil Unggah Foto Produk Pro-Israel, Langsung Tuai Hujatan

Pengertian Melanotan II

Ilustrasi membersihkan kotoran di hidung.

Photo :
  • U-Report

Melanotan II merupakan pestisida sintetis, atau sekelompok asam amino yang bisa merangsang produksi melanin. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata. Pigmen juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang bisa mengakibatkan penuaan dan kanker kulit. 

Melanotan II meniru peptida alami, yaitu hormon perangsang melanosit yang menginduksi sel-sel kulit memproduksi melanin. Karena tidak mempunyai aturan, hanya ada sedikit penelitan yang sudah dilakukan mengenai dampak jangka panjang dari semprotan penggelap hidung tersebut. 

Menurut salah seorang dermatolog Marisa Garchick dari Kota New York, banyak perusahaan yang menjual melanotan II dalam semprotan hidung karena mudah menyerap. Selaput lendir dalam hidung dan mempunyai banyak pembuluh darah, memungkinkan semprotan tersebut menembus kulit dengan cepat. Tapi, efeknya hanya akan bertahan sementara. 

Dampak Semprotan Penggelap Hidung

Hidung.

Photo :
  • U-Report

Salah seorang dokter yang berada di Inggris, Gabriella Birley mengatakan bahwa ada kekhawatiran serius dalam komunitas medis bahwa mungkin akan ada efek samping jangka panjang dari pemakaian produk tersebut. Sebab, produk itu belum melakukan pengujian keamanan, kualitas, dan efektivitas yang ketat sebelum mereka digunakan. 

Sementara Dr. Birley mengatakan bahwa efek samping semprotan penggelap hidung ini dilaporkan cukup mengkhawatirkan. Mereka akan mual, sakit kepala, ereksi spontan, penggelapan tahi lalat, masalah pencernaan, dan jantung, serta gangguan darah, mata, serta reaksi alergi yang mengancam jiwa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya