Mau Beli Kacamata Online? Perhatikan Ini agar Tak Salah Pilih

Ilustrasi wanita berkacamata
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA – Fungsi utama kacamata adalah untuk melindungi mata atau mempertajam penglihatan. Namun seiring dengan perkembangan variasi frame yang kian stylish dan trendy, banyak orang kini menggunakan kacamata sebagai aksesoris untuk menunjang penampilan. 

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Ditambah lagi dengan kehadiran lensa kontak yang juga dapat membantu mempertajam penglihatan sekaligus mempercantik bola mata. Produk-produk kacamata dan lensa kontak biasanya hanya bisa ditemukan di optik, di mana ada banyak model dan warna yang bisa dipilih. 

Namun saat ini, banyak juga optik online yang menawarkan kemudahan dalam berbelanja. Hanya dengan menggunakan gadget, kamu tidak perlu lagi repot-repot ke luar rumah. 

Huawei Band 9: Layar Mirip Smartwatch, Harga Cuma Setengah Juta

Tapi sayangnya, membeli online memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa melihat dan menjajal produk secara langsung, sehingga seringkali kacamata yang dipesan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Lalu, adakah tips untuk membeli kacamata secara online? 

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli kacamata di e-commerce antara lain, pertama kamu harus benar-benar membaca dan memerhatikan deskripsi produk. Mulai dari ketersediaan, ukuran dan bahan frame kacamata, jenis lensa hingga informasi paket untuk membeli frame plus lensa. 

Hal yang tidak kalah penting adalah, pastikan ada garansi. Dan yang terakhir, jangan ragu untuk chat admin toko, untuk meyakinkanmu bahwa kacamata yang dipilih benar-benar telah sesuai. 

Pemilik Optik Calisa, Alfian atau akrab disapa Ian, mengungkapkan, ketakutan konsumen saat berbelanja kacamata online, biasanya masalah size dan kualitas. 

"Konsumen takut ukuran kacamata tidak pas di wajah, entah itu kebesaran atau kekecilan, karena tidak bisa mencobanya secara langsung. Juga takut apabila terdapat cacat atau kesalahan pengiriman produk," kata Ian dalam keterangannya, Sabtu 7 Mei 2022. 

Ilustrasi kacamata

Photo :
  • Pixabay

"Untuk itu, kami memberi panduan size sebelum transaksi agar konsumen tidak salah pilih. Kami juga menawarkan garansi dengan penggantian produk yang baru jika terjadi kesalahan produksi," sambungnya. 

Optik Calisa milik Ian, juga menjual berbagai produk eyewear mulai dari kacamata, lensa kontak dan aksesorisnya. Resmi berdiri menjadi toko offline di sebuah mal pada 5 Agustus 2010, Optik Calisa mulai berjualan secara online pada November 2010 di salah satu situs forum terbesar di Indonesia.

"Dibandingkan dengan optik lainnya yang hanya jual putus, kami mengadakan jasa konsultasi dan layanan purnajual, di mana konsumen bisa berkonsultasi seputar mata dan optik meskipun tidak membeli di toko kami," pungkas Alfian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya