5 Cara Menghilangkan Komedo yang Membandel

Ilustrasi komedo.
Sumber :
  • Pexels/Sam Lion

VIVA – Cara menghilangkan komedo pasti hal yang kamu cari saat komedo yang mulai mengganggu. Komedo sudah terjadi bahkan dari sesorang menginjak usia remaja. Jika hal tersebut sudah terjadi lama, pasti kamu telah mencoba beberapa metode populer namun. Mungkin kamu mencetnya karena itu adalah satu-satunya hal yang tampaknya menghilangkan jenis jerawat yang rumit ini. Selain itu, mungkin juga kamu selalu memiliki setumpuk strip pori yang siap untuk situasi yang sangat mengerikan (tidak peduli berapa banyak rasa sakit yang harus kamu lalui untuk melepaskan salah satu pengisap itu).

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Sayangnya, betapapun memuaskannya melihat semua kotoran itu keluar dari pori-pori kamu, perawatan komedo yang dilakukan sebenarnya bukanlah hal terbaik untuk kulit. Bahkan, perawatan tersebut dapat membuat kulit kamu terlihat jauh lebih buruk di wajah. jangka panjang. Untuk benar-benar mengetahui cara menghilangkan komedo, sangat membantu untuk mempelajari bagaimana dan mengapa komedo terbentuk di area seperti hidung, dagu, dahi, dan bahkan dada dan punggung kamu. Di bawah ini, kamu akan menemukan semua yang perlu kamu ketahui tentang benjolan kecil yang mengganggu ini, termasuk mengapa dokter kulit mengatakan perawatan yang lebih sederhana, lebih lembut, dan konsisten adalah metode terbaik untuk akhirnya menghilangkannya.

Apa itu Komedo?

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Komedo di wajah.

Photo :
  • U-Report

Sebelum kamu mencoba menghilangkan komedo yang mengganggu, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa sebenarnya komedo itu. "Komedo hanyalah campuran teroksidasi dari minyak dan sel kulit mati yang berada di pori-pori, [dan] paparan udara yang menyebabkan mereka teroksidasi dan berubah menjadi hitam," jelas Rachel Nazarian, M.D., dokter kulit bersertifikat di Schweiger. Grup Dermatologi di Kota New York, dikutip dari allure.com. 

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Nama teknis untuk komedo adalah komedo terbuka (dan komedo adalah istilah ilmiah untuk lesi jerawat). Ada dua jenis komedo yang berbeda: terbuka (blackheads) dan tertutup (whiteheads). Seperti yang dijelaskan oleh Shari Marchbein, M.D., dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor klinis dermatologi di Universitas New York: "[Komedo] ditandai dengan pembukaan folikel rambut yang melebar, yang disebabkan oleh penumpukan sebum yang mana adalah minyak, bakteri P. Acnes, yaitu bakteri utama yang menyebabkan jerawat  dan yang terakhir peradangan.”

Dengan kata lain: Komedo pada dasarnya adalah folikel rambut yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri sehingga menjadi lubang lebar di permukaan kulit. Ketika semua kotoran ini mengenai udara terbuka (karena bukaannya yang lebar), ia teroksidasi dan mengubahnya menjadi hitam.

Meskipun warnanya tidak mencolok, komedo tidak ada hubungannya dengan kotoran. "Memiliki [komedo] bukanlah tanda bahwa kamu terlalu kotor," kata Dr. Nazarian. Jadi, setidaknya itu kabar baik. Berita buruknya, bagi sebagian orang, adalah bahwa ada komponen genetik pada komedo, yang berarti bahwa orang-orang tertentu lebih rentan untuk komedo semakin banyak, meskipun alasan yang mendasarinya belum sepenuhnya dipahami.

Penyebab Komedo 

Selain mengetahu cara menghilangkan komedo,kamu harus tahu apa penyebab adanya komedo. Ketika minyak, kotoran, dan bakteri berkumpul di pori-pori kamu, bercampur menjadi satu yang menghasilkan semua jenis jerawat, termasuk komedo. “Jika kamu tidak merawat pori-pori kamu, pada akhirnya kotoran dan minyak akan menumpuk,” ucap Cecilia Wong, seorang facialist selebriti yang berbasis di New York City. “Jika seseorang memiliki banyak komedo, kamu bisa merasakannya seperti kulitnya kasar, gatal, dan bergelombang.”

Pada dasarnya komedo bisa terjadi pada siapa saja bisa, tetapi mereka yang memiliki kulit kombinasi atau berminyak paling rentan untuk lebih mudah berkembang, kata Marnie B. Nussbaum, M.D., F.A.D., dokter kulit bersertifikat di New York City, dikutip dari self.com. Dan jika kamu berpikir kalau komedo lebih sering muncul di sekitar hidung daripada di tempat lain di wajah,  itu di karenakan kulit di sekitar hidung kamu memiliki konsentrasi kelenjar sebaceous yang sangat tinggi, yang berarti area tersebut adalah tambang emas untuk kelebihan minyak, dan dengan demikian, memiliki potensi lebih tinggi untuk pori-pori tersumbat.

Cara Menghilangkan Komedo

1. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari.

Ilustrasi mencuci muka.

Photo :
  • U-Report

Cara yang paling mendasar dari menghilangkan komedo adalah dengan membersihkan wajah. Membersihkan wajah mampu mencegah kotoran dan minyak menumpuk di pori-pori kamu. Mencuci wajah kamu adalah salah satu dari tiga langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit kamu untuk alasan yang baik, yaitu membersihkan kulit secara teratur akan membantu menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, bakteri, atau riasan yang tertinggal di wajah kamu yang menumpuk dan akhirnya membentuk komedo.

Bagi kebanyakan orang, mencuci muka dua kali sehari, pagi dan malam, adalah langkah yang tepat. Tetapi beberapa orang dengan kulit yang sangat kering atau sensitif mungkin hanya dapat mencuci muka dengan pembersih sekali sehari, jadi penting untuk mengetahui tipe kulit kamu.

Jika kamu mencoba untuk mengatasi jerawat, kamu akan menemukan bahwa pembersih yang mengandung exfoliant kimia seperti asam salisilat atau asam glikolat membantu mengatasi masalah tersebut. Bagi mereka yang memiliki jerawat meradang, pembersih yang mengandung benzoil peroksida bisa membantu. Jika kamu merasa dada dan punggung kamu membutuhkan sedikit perhatian, produk ini juga dapat digunakan di area tersebut selama kamu mandi biasa.

Menurut self.com, penting untuk dicatat bahwa semua bahan ini bisa menjadi keras dan mengering jika digunakan terlalu sering. Beberapa orang dengan kulit berminyak mungkin dapat menggunakannya pada wajah mereka dua kali sehari, tetapi sekali sehari cukup untuk jenis kulit lain. Jika kamu kesulitan menemukan rutinitas pembersihan yang cocok untuk kamu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit kamu untuk mendapatkan saran yang baik.

2. Uap Wajah.

Waslap untuk uap wajah

Photo :
  • cosme.net

Penguap wajah adalah cara menghilangkan komedo yang bagus sebelum melakuan ekstrasi, tetapi jika kamu tidak memilikinya, banyak klinik ahli kecantikan menyediakan treatment ini. Mulailah dengan mandi atau mencuci muka, lalu oleskan lapisan tipis pelembap terberat yang kamu miliki ke area yang akan diekstraksi. “Pelembab akan membuat segel oklusif sementara untuk menjaga panas terperangkap di kulit kamu, yang membuat ekstraksi lebih mulus,” kata Rouleau dikutip dari glamour.com. 

Kemudian tutupi area tersebut dengan bungkus plastik, dan oleskan waslap yang panas dan lembab, dan lapisi satu lagi di atasnya. "Melapisi waslap akan memastikan panas tertahan di kulit kamu," katanya. “Untuk ekstraksi yang aman dan penghapusan termudah, penting untuk membuat kulit kamu selembut mungkin.” timpalnya. Setelah beberapa menit, lepaskan kain dan plastik, dan tambahkan lapisan pelembab lain untuk menjaga kelembapan kulit kamu sebelum siap melakukan ekstraksi.

3. Alat Ekstraktor.

Alat ekstraktor komedo

Photo :
  • bestlist.id

Cara menghilang komedo yang selanjutnya ada dengan alat ekstraktor. Menurut glamour.com, untuk menggunakannya dengan benar, letakkan ujung terbuka di setiap sisi komedo. Rouleau mengatakan untuk menjaga agar badan penjepit tetap tegak lurus dengan tempat kamu mengekstraksi, dan pertahankan bagian ujung yang melengkung pada kulit kamu. “Tekan dengan lembut di setiap sisi komedo sampai mulai terlepas,” katanya. “Terapkan tekanan yang lambat dan merata, dan begitu kamu bisa, jepit ringan pinset dan tarik bahan yang gelap dari kulit untuk mengekstraknya. Jika komedo tidak mudah lepas, jangan lanjutkan upaya ekstraksi.” timpalnya menjelaskan. Lakukan tindakan ini perlahan, jangan terlalu keras karena dapat melukai kulitmu. 

4. Menjaga Kelembapan

Pelembab wajah

Photo :

Banyak yang meremehkan hal ini, padahal menjaga kelembapan juga merupakan cara menghilangkan komedo. Melembabkan adalah langkah penting dalam setiap rutinitas perawatan kulit bahkan jika kamu memiliki kulit yang rawan jerawat. Mengapa demikian?  "Semua metode ini dapat menghilangkan minyak dari kulit dan mengeringkan," Jeremy S. Fenton, M.D., dokter kulit bersertifikat di Long Beach, New York dikutip dari allure.com. "Sangat penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat di kulit, dan pelembab akan memungkinkan Anda untuk terus menggunakan produk pengelupasan kulit tanpa masalah." ia kembali menimpalkan.

5. Konsultasi pada Seorang Profesional.

Konsultasi Dokter.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan komedo yang terakhir adalah konsultasi dengan ahlinya. Terkadang yang terbaik adalah membiarkan seorang profesional menanganinya. “Jika sulit untuk menghilangkan komedo dan kamu tidak mendapatkan hasil, maka carilah ahlinya,” kata Rouleau.

“Yang paling aman adalah menemui ahli kecantikan atau dokter kulit terlatih yang dapat melakukan ekstraksi di kantor atau mikrodermabrasi,” kata Geraghty. “Microdermabrasion adalah perawatan pengelupasan kulit lembut yang sering kali melibatkan pena atau tongkat kecil yang berfungsi seperti sandblaster mini dan penyedot debu dalam satu alat.” dilansir dari glamour.com.

Setelah kamu mengetahui lebih banyak tentang komedo, berharap kamu bisa lebih mudah mengetahui apa yang akan kamu lakukan jika komedo sudah mulai membandel. Selain itu, cari tau penyebab dari komedo yang muncul, agar kamu dapat menghindari hal-hal pemicu komedo muncul. Tanyakan pada ahlinya jika komedo sudah tidak bisa kamu tangani. Lakukan treatment agar kulit lebih baik lagi. 

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ada beberapa masalah kulit yang paling banyak dialami oleh para wanita hamil. Hal ini patut diwaspadai agar tahu bagaimana cara pencegahannya sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024