3 Jenis Kesepian yang Perlu Anda Kenali, Lengkap dengan Solusinya

Ilustrasi kesepian
Ilustrasi kesepian
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Kesepian merupakan salah satu jenis emosi yang biasa dirasakan oleh manusia. Tidak ada satupun manusia yang belum pernah merasakan kesepian.  Manusia telah diberikan oleh Tuhan begitu banyak emosi. Mulai dari emosi marah, sedih, senang, kesal, hingga kesepian.  Di zaman seperti sekarang ini manusia mudah sekali merasa kesepian. 

Sebut saja seperti yang kita alami selama pandemi beberapa tahun belakangan ini. Pastinya banyak dari kita yang mengalami kesendirian secara fisik, dan seringkali, lebih dari sebelumnya.  Bagi sebagian orang, aturan jarak sosial mungkin juga memicu munculnya rasa kesepian. Di mana kita mengalami perasaan terputus dari orang lain, versus hanya keadaan sendirian. 

ilustrasi kesepian

ilustrasi kesepian

Photo :
  • wallpaper.disk.com

Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa kesepian dapat muncul dan bertahan terlepas dari berapa banyak orang yang mungkin Anda temui setiap hari.  Ini ada hubungannya, sebagian besar, dengan kenyataan bahwa ada banyak jenis kesepian, masing-masing dengan sebab dan akibat sendiri.

Rasa keterhubungan yang sebenarnya atau kebalikannya dari kesepian, mencakup banyak bentuk koneksi yang berbeda, semuanya menambahkan gambaran lengkap tentang kesehatan sosial.  Jadi, ketika Anda kehilangan salah satu dari jenis koneksi ini, Anda juga lebih rentan terhadap salah satu jenis kesepian yang berbeda, bahkan jika Anda dikelilingi oleh orang-orang.

Dengan pemikiran ini, mencari tahu di mana ruang kosong jatuh dalam teka-teki koneksi sosial Anda dapat memberi Anda kejelasan tentang apa kebutuhan Anda, kata terapis Emily Fiorelli, LMSW .

 “Pertimbangkan apakah Anda mungkin kesepian karena kehilangan hubungan romantis, karena Anda merasa tidak memiliki teman, atau karena Anda merasa terisolasi di antara rekan kerja,” katanya.