3 Desainer Indonesia Pamer Karya di Modest Fashion Day Rusia

Modest Fashion Day, Rusia.
Sumber :
  • Ist.

VIVA – Modest Fashion Day di International Economic Summit 'Russia-Islamic World: Kazan Summit,' turut melibatkan brand dan desainer dari Indonesia. Tiga brand yaitu Restu Pratiwi, Anaras dan Li Scarf ikut memamerkan karyanya untuk event ini. 

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Restu Pratiwi yang sebelumnya telah memamerkan koleksinya di Ankara, Turki di event Introducing Indonesia pada April 2021 lalu, kini kembali dengan koleksi yang mengangkat batik Angkinan dari Cirebon. 

Li Scarf mewakili gaya sporty dari Indonesia, bermain dengan cutting dan print bunga, yang memadukan warna gelap dan pastel. Sementara Anaras, pendatang baru dalam dunia mode, menampilkan koleksi modestwear yang minimalis. 

Rusia Mengirimkan Lebih dari 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

International Economic Summit 'Russia-Islamic World: Kazan Summit' menampilkan Modest Fashion Day sebagai bagian dari event tahunan di Kazan, ibukota Republik Tatarstan, Rusia

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

Acara yang diselenggarakan oleh Tatarstan Investment Development Agency, #Markamarie, ModestRussia & Council of Modest Fashion itu digelar pada 19-20 Mei 2022. Total, ada 12 desainer dari 6 negara yang memamerkan koleksi terbarunya. Selain itu, digelar juga dua talkshow bisnis modest fashion, yang menampilkan berbagai pembicara yang ahli di bidangnya.

International Economic Summit 'Russia-Islamic World: Kazan Summit' adalah acara tahunan ekonomi internasional yang dibuat untuk menciptakan kerjasama antara Rusia dengan negara-negara Islam

Dengan tema Aesthetic of Modern Modesty, brand-brand dari Rusia, Tatarstan, Uzbekistan, Kazakhstan dan Indonesia, menampilkan koleksi terbaiknya dari ready to wear, sportswear hingga evening wear

Para brand tersebut antara lain, Buro Banu, INSHELLÍNE, Kuzma by Natalia Kuzmenko, Restu Pratiwi (Indonesia), Li Scarf (Indonesia), Sultan Saliev, Anaras (Indonesia), Asheri (Kazakshtan), Al Shiira dan Bloombia. Dengan headliners AKHMADULLINA, salah satu desainer terbaik Rusia dan Azukar Moreno (Uzbekistan atau Spanyol) yang dikenal sebagai desainer terbaik di Central Asia.


 
Ketika berbicara tentang Rusia dan modest fashion, negara ini adalah rumah bagi lebih dari 25 juta Muslim. Dengan akar budaya Muslim yang kuat di hampir semua suku atau kebangsaan Rusia, negara ini jadi begitu multi-kultur. Islam telah hadir di Rusia dan teritorinya sejak 1400 tahun lalu. Pada 20 Mei 2022 lalu, juga terdapat perayaan 1100 tahun hadirnya Islam oleh The Great Volga Bulgary, daerah asal bangsa Tatar. 
 
Modest fashion bukan hanya untuk wanita Muslim. Tidak lagi terikat dengan agama tertentu. Modest fashion adalah fesyen yang tidak lekang waktu,” tutur Taliya Minullina, Chief Executive Tatarstan Investment Development Agency, badan pemerintah dari Republik Tatarstan, dalam keterangannya, Senin 23 Mei 2022. 
 
Co-founder of Modest Russia & Regional Director of Council of Modest Fashion Russia & CIS, Dilyara Sadrieva, turut menjelaskan tentang dinamika modest fashion di Rusia.

"Sebagian besar Muslim secara historis tinggal di Moskow, Tatarstan, Ural, Kaukasus, dan di seluruh Rusia. Dan tentu saja, itu berdampak besar pada pakaian nasional tradisional masyarakat yang membuat gaya modest fashion di Rusia menjadi begitu heterogen," ungkapnya. 

"Pasar modest fashion di negara-negara CIS memiliki potensi yang sangat besar, tetapi terkadang tidak dikenal dan diremehkan di skala dunia karena banyak yang belum tahu tentang industri fesyen di kawasan ini. Banyak merek dan desainer kami mengikuti event di luar negeri dan mendapatkan apresiasi yang baik, sehingga mereka memiliki pelanggan di seluruh dunia," sambungnya. 

Alena Akhmadullina, desainer dan founder AKHMADULLINA, salah satu brand paling terkenal di Rusia berbicara tentang partisipasi mereka di Modest Fashion Day. 

"Kami akan menghadirkan koleksi AKHMADULLINA Middle East di Modest Fashion Day kali ini. Koleksi ini dibuat berdasarkan preferensi pelanggan kami yang menyukai gaya modest fashion,” tuturnya

“Ini adalah salah satu tren mode yang paling menarik bagi saya, dan telah menarik perhatian saya sejak lama. Selama dua tahun sekarang, saya telah membuat koleksi khusus yang menafsirkan gaya AKHMADULLINA ke dalam gaya modest fashion yang khas," imbuh Alena Akhmadullina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya