3 Cara Hentikan Rambut Rontok, Cukup dengan Makanan

Rambut rontok
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut. Tetapi, cara yang kita lakukan bergantung pada alasan mengapa kita mengalami rambut rontok

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Jika kerontokan rambut berlangsung parah dan terus berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Berikut beberapa tips untuk menghentikan kerontokan rambut, dilansir Healthline, Kamis 16 Juni 2022.

Diet mediterania
Sebuah studi pada 2018 mengungkapkan, diet yang mengandung sayuran mentah dan rempah segar, seperti diet mediterania, dapat mengurangi risiko androgenic alopecia (pola kebotakan wanita dan pria) atau memperlambatnya.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Hasil terbaik diamati ketika peserta mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah tinggi, seperti peterseli, kemangi, salad hijau, lebih dari tiga kali seminggu.

Peterseli

Photo :
  • inmagine
Zaidul Akbar: Kalau Makan Getuk Saya Banyakin Kelapanya, Kenapa? Ini Alasannya

Protein
Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Satu studi pada tahun 2017, dari 100 orang dengan rambut rontok mencatat beberapa kekurangan nutrisi pada peserta, termasuk asam amino yang berfungsi sebagai bahan pembangun protein.

Sementara peneliti mencatat, mengonsumsi makanan kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Beberapa pilihan sehat termasuk, telur, kacang-kacangan, ikan, produk susu rendah lemak, ayam dan kalkun.

Vitamin A
Vitamin A terdiri dari retinoid, yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut. Isi piringmu dengan makanan kaya vitamin A, seperti ubi jalar, paprika dan bayam.

Di sisi lain, brand Varesse juga secara resmi meluncurkan Serum Shampoo 2-in-1 Conditioner. Founder Varesse, Marcella Yanita, mengatakan, produk ini merupakan hasil penemuan terbaik dalam mengatasi masalah rambut karena memiliki multifungsi sebagai sampo, kondisioner, dan perawatan rambut dalam satu produk. 

ilustrasi rambut sehat

Photo :
  • pixabay

"Produk ini adalah alat utama untuk mengurangi kerontokan, gatal dan ketombe, memperkuat akar rambut serta sangat efektif dalam menghaluskan dan membuat rambut lebih bervolume. Selain itu, Serum Shampoo 2-in-1 Conditioner juga dapat membuat rambut lebih berkilau dan mudah diatur," kata Marcella dalam keterangannya. 

"Yang terpenting, Serum Shampoo 2-in-1 Conditioner juga mengandung ekstra formula yang terbukti dapat mengatasi kerontokan rambut lebih efektif lagi dan bekerja sangat baik jika dikombinasikan dengan Hair Tonic Concentrate," sambung dia. 

Marcella memaparkan, produk ini mengandung bahan-bahan yang terbukti dapat mengurangi kerontokan, memperkuat akar rambut, membuat rambut lebih bervolume sekaligus melembutkan rambut, mengurangi ketombe, serta gatal-gatal di kulit kepala. 

"Varesse memformulasikan bahan-bahan bernama Herbavit Serum dengan kandungan bahan herbal, seperti Sophora Angustifolia Root Extract, Horse Chestnut Seed Extract, dan Nasturtium Officinale Extract, serta kandungan vitamin A Palmitate, B5, B8, E, F, dan H (Biotin) yang lengkap. Serum Shampoo ini dapat digunakan oleh pria dan wanita, dan aman untuk ibu menyusui dan anak di atas usia 12 tahun," paparnya. 

Ilustrasi rambut.

Photo :
  • hdwallpapers

Lebih lanjut Marcella menjelaskan, Serum Shampoo 2-in-1 Conditioner ini cocok digunakan sehari-hari. 

"Konsumen hanya perlu mengaplikasikan produk pada kulit kepala, memijatnya lembut, dan membilas hingga bersih setelah beberapa menit. Untuk hasil maksimal, kami menyarankan untuk menggunakan Serum Shampoo 2-in-1 Conditioner dengan Hair Tonic Concentrate untuk mengurangi kerontokan rambut dalam beberapa minggu," tutup Marcella Yanita. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya