5 Tips Agar Makeup Tak Terlihat Cakey, Dijamin Auto Flawless

Makeup.
Sumber :
  • Instagram @after.beaute

VIVA – Bagi kamu yang kerap menggunakan makeup, barangkali sudah tidak asing dengan istilah cakey. Sebuah riasan bisa disebut cakey jika terlihat garis-garis halus akibat produk riasan di sela-sela lipatan wajah, tekstur kulit yang tak merata, pori-pori serta garis halus yang masih tampak walaupun sudah dipoles oleh makeup.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Padahal salah satu tujuan merias wajah adalah untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit. Jadi ketika hasil makeup ternyata cakey, rasanya semua menjadi sia-sia. Beberapa faktor yang memicu makeup cakey antara lain yaitu formula makeup yang tidak cocok di kulit, teknik makeup yang salah, menggunakan terlalu banyak produk, serta keadaan kulitmu sendiri.

Namun jangan khawatir, tentu ada sejumlah cara agar makeup di wajah tetap terlihat mulus nan flawless. Dilansir VIVA dari berbagai sumber, kamu bisa lakukan cara-cara ini agar riasanmu terhindar dari hasil yang cakey.

5 Manfaat Lakukan Facial, Tingkatkan Sirkulasi Darah Hingga Jaga Kesehatan Kulit

Gunakan setting spray

Riasan makeup.

Photo :
  • U-Report
Mirip Karakternya, Intip Rahasia Kulit Kalem Afgan

Setting spray dalam tata rias berfungsi untuk ‘mencairkan’ dan meratakan makeup agar terlihat menyatu dengan kulit. Dengan menyemprotkan setting spray, maka makeup yang mayoritas bersifat serbuk (bedak, blush, contour) akan meleleh sehingga wajahmu tak terlihat seperti donat bubuk.

Gunakan aplikator yang lembab

Beauty Blender

Photo :
  • Instagram

Dalam mengaplikasikan foundation, tinted moisturizer, atau BB Cream, sebaiknya gunakan aplikator spons yang sudah lembab dengan disemprot menggunakan setting spray. Hal ini bertujuan agar makeup lebih mudah dioleskan ke wajah dan tidak terlalu kering. Sebab jika makeup kering pasti akan menimbulkan tekstur retak-retak di wajah.

Persiapkan kulit 

Ilustrasi kulit wajah mulus.

Photo :
  • U-Report

Kondisi kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak menjadi salah satu penyebab makeup cakey. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan kondisi kulit agar makeup menempel dengan sempurna. Gunakan toner, serum dan pelembab sesuai jenis kulitmu agar memperoleh kelembapan yang pas. Dengan begitu, makeup akan terlihat mulus di wajah.

Aplikasikan makeup lebih sedikit di lipatan wajah

Ilustrasi riasan mata

Photo :
  • Pixabay/AdinaVoicu

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, salah satu ciri makeup cakey yakni terlihat garis halus di lipatan wajah. Melihat kondisi tersebut, jangan gunakan produk terlalu banyak pada area lipatan wajah. Justru cukup aplikasikan sisa produk yang terdapat pada spons di sela-sela lipatan.

Aplikasikan concealer hanya di sudut dalam mata

Concealer bentuk stik

Photo :

Kerutan di bawah mata menjadi salah satu lokasi makeup terlihat cakey. Kendati demikian, jangan oleskan concealer tepat di bawah mata. Cukup aplikasikannya di bagian sudut dalam mata lalu ratakan hingga ke bagian luar mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya