Manfaat Bakuchiol dalam Skincare, Mampu Menunda Penuaan Dini

Ilustrasi skincare.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Di antara berbagai kandungan skincare yang semakin banyak, kandungan bakuchiol saat ini bisa dibilang menjadi primadona. Pasalnya bakuchiol merupakan kandungan yang diklaim aman untuk kulit sensitif dan skincare yang mengandung bahan ini harganya cukup terjangkau. Kini, produsen skincare lokal pun berlomba-lomba mengembangkan produk berbahan dasar bakuchiol.

3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona, Caranya Simpel Banget!

Bakuchiol berasal dari daun dan biji tanaman babchi atau bakuchi yang ditemukan di Tiongkok serta India. Sebelum populer dalam skincare, konon tumbuhan babchi sudah digunakan sebagai pengobatan di kedua negara tersebut.

biji tanaman babchi

Photo :
  • Piyush Kothari/Wikimedia
Studi Terbaru Mengungkap 5 Skincare Terbaik Buatan Lokal di Indonesia

Daun dan biji babchi diolah menjadi minyak, serum, toner,atau pelembab yang sekarang kerap muncul sebagai skincare. Karena terbuat dari tumbuhan, bakuchiol cocok untuk kulit sensitif.

Manfaat bakuchiol untuk kulit

Mirip Karakternya, Intip Rahasia Kulit Kalem Afgan

Penggunaan produk skincare untuk mengatasi masalah kulit tertentu

Photo :
  • sehatq.com

Dilansir dari situs resmi Paula’s Choice, bakuchiol memiliki sifat menyejukkan sehingga mampu menenangkan kulit. Selain itu, kandungan ini merupakan antioksidan kuat dan membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, membarui kolagen, dan hilangnya kekencangan kulit akibat radikal bebas.

  • Meratakan warna kulit

Bakuchiol menembus kulit secara mendalam untuk membantu mengurangi flek hitam atau yang dikenal dengan istilah hiperpigmentasi.

  • Mengurangi munculnya garis-garis halus

Kandungan bakuchiol dapat ‘memberitahu’ sel-sel pada kulit untuk beregenerasi dan membuat kolagen mengenyalkan kulit sehingga garis-garis halus dan kerutan berkurang.

  • Mempercepat regenerasi kulit

Dengan mengirimkan sinyal ke sel kulit, bakuchiol bisa meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel.

  • Meredakan jerawat yang meradang

Tak hanya menunda sejumlah tanda-tanda penuaan pada kulit, bakuchiol juga dapat mengatasi jerawat. Anti-inflamasi pada bakuchiol mampu meredakan jerawat yang sedang meradang dan memerah.

Proses kerja bakuchiol pada kulit

Ilustrasi skincare.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Kandungan bakuchiol memicu jalur genetik dalam sel kulit untuk menciptakan beberapa jenis kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Cara menggunakan bakuchiol

Ilustrasi minyak/serum/skincare/minyak esensial.

Photo :
  • Freepik/awesomecontent

Karena terbuat dari kandungan alami, bakuchiol bisa digunakan ketika pagi atau malam hari untuk efek yang maksimal. Berdasarkan pernyataan dari Byrdie, sejauh ini bakuchiol tidak memiliki reaksi negatif bila digabungkan dengan bahan skincare lainnya. 

Seorang dermatologis asal Amerika Serikat, dr. Jennifer Chwalek menyatakan, “karena komposisi bakuchiol yang alami, bahan ini aman digunakan dengan produk lain dalam rangkaian perawatan kulitmu.”

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya