Ghea Panggabean-Wulan Guritno Sukses Satukan Fesyen, Desain & Musik

Wulan Guritno
Sumber :
  • IG @wulanguritno

VIVA – Indonesia merupakan negara dengan beragam kekayaan alam dan budaya. Memiliki berbagai jutaan kekayaan seni dan budaya dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan ini menjadi budaya leluhur yang bernilai tinggi dan wajib diwariskan ke setiap generasi Indonesia. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Memiliki kemampuan dan inovasi serta ide-ide kreatif menjadi jembatan bagi para siswa di Indonesia gapai impian mereka. Kemampuan ini didukung pula dengan keberagaman budaya dan alam Indonesia yang menjadi salah satu komponen penting yang mendukung keunggulan industri kreatif Indonesia di mata dunia.

Dalam rangka memajukan industri kreatif di Indonesia, USG Education, mengadakan kegiatan akademis yang mendekatkan siswa dengan praktik langsung di industri kreatif melalui UIC for HOPE Festival - Reinventing Heritage, yang bekerjasama dengan yayasan gerakan social HOPE (Gelang Harapan) yang didirikan oleh tiga sahabat Wulan Guritno, Amanda Gratiana Soekasah, dan Janna Soekasah Joesof. 

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Perhelatan yang diselenggarakan di Neo Soho Central Park, Jakarta Barat, itu menampikan karya kreatif lintas generasi di bidang fesyen, desain dan musik. Acara ini juga merupakan wahana untuk menimba ilmu dari para pakar industri kreatif yang telah mendunia bagi para siswa USG Education. 

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

“Indonesia merupakan bangsa dengan 1.340 suku bangsa, 17.000 pulau dan jutaan warisan budaya yang harus kita dukung dan kembangkan. Kita perlu meningkatkan daya saing dan daya juang berbagai hasil kreatif kita melalui inovasi, digitalisasi, kreativitas desain, kolaborasi antar lembaga dalam mempromosikan warisan Indonesia berbasis kearifan lokal ke mata dunia serta mendukung UMKM di Indonesia," ujar Adhirama Gumay selaku Presiden Direktur USG Education, di Neo Soho Central Park, Jakarta Barat, baru-baru ini. 

Sebagai pembuka kegiatan yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut, mulai 17-19 Juni 2022 itu, 100 siswa UIC College dari tiga kampus  menampilkan ide UMKM bisnis di hadapan para juri yang terdiri dari para profesional. 

Acara puncak UIC for Hope Festival, menampilkan 3 generasi perancang busana dalam tema Reinventing Heritage, yang terdiri dari desainer senior Ghea Panggabean yang telah 40 tahun berkarya dan senantiasa mengangkat tekstil dan budaya Indonesia dalam setiap rancangannya. 

Kemudian Ghea Resort by Amanda Janna yang senantiasa menyebarkan kesadaran mengenai alam dan budaya Indonesia, dengan tema Harimau Sumatra dan Suku Mentawai. Dan juga Rinda Salmun yang mengangkat tema "Sustainability” serta siswa UIC Fashion BSD Beverly Hanson, Jennifer Patricia, Patricia Saputra dan Graciella Violetta.  

Acara kali ini juga didukung oleh 3 generasi musikus dan artis ternama ibukota yang menyumbangkan suara dan talenta mereka, di antaranya Reza Artamevia, band Konspirasi dan band Flower Generation: Doddy Soekasah & friends “The Raidy Noor Experience”. 

Salah satu kegiatan utama lainnya adalah Auction Night yang mengajak beberapa seniman untuk berkolaborasi Salvita Salim De Corte, Erica Hestu Wahyuni, dan Samira L.J Rolloos, serta siswa UIC Graphic Design untuk mengadakan penggalangan dana Rumah Singgah Respon Cepat Badan Darurat Kemanusiaan. 

Pendiri dari HOPE (Gelang Harapan) yakni Wulan Guritno, Amanda Gratiana Soekasah, dan Janna Soekasah, HOPE dan USG Education melalui program UIC College, memiliki visi yang sama untuk mewujudkan kegiatan yang bertujuan membangkitkan kembali harapan dan semangat berbagi di antara masyarakat, bersatu untuk memperbaiki kualitas hidup melalui empati dan kasih sayang.

"Adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kami bertiga untuk bisa bertemu dengan para siswa USG Education. Semangat mereka kembali mengingatkan kami pada awal gerakan Gelang Harapan kami dirikan di tahun 2014. Regenerasi seperti ini adalah hal yang menjadi misi utama dari program Future Warrior of HOPE dari Gelang Harapan”, ujar Amanda Gratiana. 

"Tidak hanya kami memikirkan bahwa visi dan misi kami harus selalu beregenerasi dengan generasi muda yang produktif, agar gerakan kami tetap berkesinambungan, namun teman-teman baru dari UIC College ini juga menjadi jembatan untuk Gelang Harapan dalam mencapai sebuah “target market” baru," kata Janna Soekasah Joesoef dan Wulan Guritno, menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya