5 Alasan Skincare Tak Berfungsi Optimal

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle –  Saat ini, menggunakan skincare atau produk perawatn kulit, hampir sama seperti memenuhi kebutuhan sekunder. Bahkan, saat ini ada istilah skincare routine atau rutinitas menggunakan skincare.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Namun, dalam beberapa kasus, ada skincare yang ternyata tidak bekerja optimal pada kulit kita atau malah semakin memperburuk. Jangan langsung buang skincare tersebut, ada baiknya cari tahu dulu mengapa skincare tersebut tidak bekerja optimal pada kulit kita. 

Ini dia 5 alasan skincare tak bekerja secara optimal ;

Terungkap! SYL Juga Pakai Uang Korupsi untuk Beli Skincare Anak dan Cucu

Terlalu Banyak Menggunakan Skincare

Ilustrasi minyak/serum/skincare/minyak esensial.

Photo :
  • Freepik/awesomecontent
Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Alasan pertama skincare tak bekerja secara optimal bisa jadi karena kamu menggunakan terlalu banyak produk skincare. Memang, dewasa ini sangat amat banyak pilihan skincare yang bisa digunakan, namun harus ingat untuk memilih produk yang memang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Jangan sampai "gelap mata" hingga membeli dan menggunakan terlalu banyak skincare, padahal skincare tersebut tidak cocok untuk kulit kita. Jadi, pastikan gunakan skincare yang memang sesuai dengan kebutuhan saja. Jika masih bingung, bisa konsultasikan ke dokter kulit. 

Pola Hidup Tak Sehat

Makanan junkfood.

Photo :
  • U-Report

Sudah mencoba skincare dengan harga mahal namun tidak berefek apapun pada kulit? Bisa jadi, hal ini diakibatkan dari "dalam", dari pola hidup yang tak sehat. 

Contohnya, terlalu sering begadang dan kurang tidur akan menimbulkan kantong mata atau lingkaran hitam di bawah mata, maka produk eyecream tidak berfungsi dengan baik. Contoh lainnya, misal terlalu banyak asupan gula yang dikonsumsi. Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan kemungkinan resistansi inulin sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak hormon testosteron yang menyebabkan jerawat.

Maka dari itu, jika ingin skincare berfungsi dengan optimal, "bantu" dengan pola hidup sehat, makan makanan bergizi seperti sayur dan buah, berolahraga rutin dan minum air putih yang cukup agar kulit selalu terdehidrasi. 

Tidak Menggunakan Sunscreen

Sunscreen

Photo :
  • Pixabay

Alasan ketiga mengapa skincare tak bekerja secara optimal adalah tidak menggunakan sunscreen di pagi hari. 

Seperti kita ketahui, sinar UV tak baik untuk kulit. Selain akan membuat kulit kusam dan terkena sunburn, sinar ini bisa mempercepat kerutan dan munculnya flek hitam, jerawat, atau bahkan dalam kasus ekstrem, kanker kulit. 

Jadi, percuma jika menggunakan skincare untuk perawatan kulit yang kusam misalnya, namun tidak menggunakan sunscreen. Apalagi, ada beberapa kandungan aktif skincare yang bisa membuat wajah menjadi lebih sensitif jika terkena matahari, seperti retinol. Maka, sunscreen berfungsi untuk melindungi wajah saat retinol sedang bekerja memperbaiki kulit.  

Gunakan sunscreen di urutan skincare terakhir setelah menggunakan serum/moisturizer dan sebelum make up. 

Terlalu Sering Mengganti Produk

Ilustrasi skincare.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Memang, saat ini produk skincare sangat banyak dijual di pasaran. Mulai dari skincare lokal hingga internasional, skincare dengan harga puluhan hingga jutaan rupiah, semuanya ada. 

Apalagi, saat ini bisnis skincare bergerak dengan cepat, beberapa merk bahkan rutin mengeluarkan skincare baru setiap beberapa bulan sekalu. Nah, karena banyaknya pilihan, terkadang kita jadi mudah terdistract dan malah sering gonta ganti produk.

Padahal hal tersebut bisa membuat skincare jadi tidak berfungsi. Karena faktanya, produk skincare membutuhkan rentang waktu untuk bisa terlihat hasilnya, Misalnya, Toner membutuhkan 2 sampai 3 minggu untuk mulai terlihat perubahan, serum membutuhkan 6 sampai 8 minggu. 

Hal ini disampaikan juga oleh Debra Jaliman, MD, ahli dermatologi dari New York City. Menurutnya, konsistensi adalah kunci dalam perawatan kecantikan. 

Kulit butuh waktu untuk memproses manfaat yang terkandung dalam produk perawatan kulit. “Butuh 28 hari bagi kulit untuk melakukan proses alaminya,” jelasnya. “Itu artinya, lapisan-lapisan berbeda mulai terkelupas dan kemudian memperbarui diri selama kurun waktu tersebut.” ungkap Jaliman. 

Nah jadi, jangan terlalu cepat mengganti skincare ya! 

Menggunakan Skincare Tak Sesuai Jenis Kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Nah, alasan terakhir skincare tidak bekerja secara optimal adalah bisa jadi kamu menggunakan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu.

Sebelum membeli dan menggunakan skincare, baiknya membaca deskripsi dan komposisi produk terlebih dahulu sebelum membeli dan menggunakannya. Karena, menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit, maka bisa berdampak buruk. Seperti breakout, munculnya beruntusan, kulit wajah mengelupas, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya