Perencanaan Finansial Semakin Baik dengan Mobile Banking

Ilustrasi foto: www.istockphoto.com
Sumber :

VIVA – Ada berbagai hal yang dikejar seseorang dalam kehidupannya. Salah satunya adalah hidup sejahtera tanpa kekurangan materi. Tidak dapat dipungkiri bahwa materi adalah salah satu hal yang penting di dalam hidup.

Mobile Banking Sempat Eror, BCA: Saat Ini Sudah Kembali Normal

Dalam proses mendapatkan dan membangun kekayaan memang tidak selalu mudah. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh kemampuan finansial. Salah satu yang wajib dipelajari dan dilakukan adalah mengatur keuangan dengan baik.

Saat ini, kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan, apalagi kini ada layanan mobile banking untuk melakukan transfer dan menerima dana. Cukup mengikuti cara daftar mBanking yang mudah, selanjutnya mobile banking dapat langsung digunakan.

Kopra by Mandiri dan Green Bond Bank Mandiri Raih Penghargaan dari Alpha Southeast Asia 2023

Cara Merencanakan Finansial Menggunakan Mobile Banking

Dengan banyaknya kegiatan, hiburan, gaya hidup dan hobi yang tersedia, mengatur keuangan dengan rinci bisa menjadi rumit, apalagi jika kebutuhan terus mengalami penambahan.

Paling Banyak Diunduh, BRImo Masuk 3 Besar Aplikasi Keuangan Paling Diminati Warga Indonesia

Tentu saja kamu tidak ingin biaya untuk kebutuhanmu lebih dari jumlah pemasukan bukan? Agar tidak terjadi hal tersebut, berikut langkah merencanakan finansial dengan menggunakan mobile banking, antara lain:

1. Menabung dan Berinvestasi

Salah satu tips pertama yang paling sering kamu dengar tentunya menabung. Dibandingkan dengan membelanjakan uang untuk hal-hal yang kurang penting, lebih baik digunakan untuk kebutuhan dan perencanaan di masa depan.

Setelah menabung, kamu juga bisa mengembangkan danamu dengan berinvestasi. Ketika sudah selesai mengikuti cara daftar Mbanking, kamu dapat melakukan investasi cukup melalui satu platform saja.

Kamu dapat mulai berinvestasi dengan nilai yang kecil di instrumen reksadana. Memang, ketika berinvestasi, akan diikuti dengan risikonya sesuai produk yang kamu pilih, namun dengan memahami profil risikomu, kamu bisa  berinvestasi dengan tenang dan memperoleh hasil yang optimal.

2. Mencari Pemasukan Tambahan

Jika kamu masih memiliki waktu luang selain pekerjaan utama, kamu dapat pekerjaan sampingan. Di era serba digital ini, ada banyak lowongan pekerjaan atau peluang usaha yang dapat membantu sebagai pemasukan tambahan.

Mencari pekerjaan sampingan tidak selalu harus sesuai dengan bidang pekerjaan utama, lho. Bila kamu memiliki minat dan bakat atau kemampuan tertentu di bidang yang berbeda, kamu dapat menekuninya sebagai pekerjaan sampingan. Contohnya saja seperti masak, membuat kue, atau berjualan kerajinan tangan, kamu dapat membuka toko online dan menjual produkmu di sana.

Apalagi jika sudah mengikuti cara daftar Mbanking, kamu bisa mengatur proses transaksi toko milikmu dengan lebih mudah.

Jika saat ini kamu belum memiliki keahlian tertentu, kamu dapat mengikuti banyak pelatihan online yang sesuai dengan minatmu,misalnya kursus bahasa, memasak, menjahit, dan lainnya.

Setelah menjalani pelatihan, jangan lupa dipraktikan agar kemampuanmu lebih terasah, dan kamu dapat menggunakannya untuk melamar pekerjaan sampingan hingga membuka bisnis baru. Dengan menggunakan mobile banking, kamu tidak perlu khawatir mengatur transaksi untuk pelatihan online-mu.

3. Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Hal yang kadang terasa mirip namun sesungguhnya berbeda tentunya adalah keinginan berbanding kebutuhan. Umumnya, orang akan terjebak antara keinginan yang dirasa sebagai kebutuhan dan akhirnya pengeluaran menjadi semakin berlebihan.

Keinginan merupakan perasaan ingin memperoleh sesuatu yang tidak pokok atau darurat, yang apabila tidak dimiliki, kamu tidak kekurangan apapun. Sebaliknya, kebutuhan adalah hal yang wajib dipenuhi atau dimiliki untuk memenuhi fungsi di kehidupan atau rumah tanggamu.

Ketika gaji sudah cair, jangan lupa untuk memenuhi lebih dulu semua kebutuhan, termasuk hutangmu. Sebesar apapun penghasilan yang kamu miliki, tidak akan ada artinya bila kamu tidak tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan yang membuat pengeluaranmu sama atau bahkan lebih besar.

Mulai buat daftar kewajiban dan kebutuhanmu setiap bulan yang membutuhkan transaksi rutin, lalu buat jadwal untuk berinvestasi. Dengan demikian setelah mengikuti cara daftar Mbanking dan mengatur transaksinya menggunakan mobile banking, pengeluaran akan lebih bisa dikendalikan.

4. Perhatikan pengeluaran serta riwayat belanja

Setelah dapat memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, maka mulailah mencatat pengeluaran secara rutin dan disiplin. Bisa dimulai dari pengeluaran untuk berbelanja kebutuhan bulanan.

Kamu bisa mencatat pengeluaran dalam buku catatan khusus. Kamu dapat mencatat secara mingguan maupun bulanan. Agar tidak ada yang terlewat, kamu dapat cek kembali melalui mutasi rekening dari Mobile Banking.

Selain menggunakan buku catatan khusus, kamu juga dapat menggunakan spreadsheet, agar bisa memperbaruinya secara online setelah selesai belanja. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui pola belanjamu, pos-pos pengeluaran mana yang porsinya bisa dikurangi, sehingga tidak membebani keuangan bulanan.

Alasan Pentingnya Mengatur Pengeluaran

Menghasilkan dan mengumpulkan uang memang penting, namun jangan sampai kamu tidak dapat menggunakannya dan mengembangkannya dengan optimal. Pastikan kamu  terus belajar dan memiliki pengetahuan yang baik berkaitan dengan uang. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus mengasah pengetahuan tentang uang, seperti:

1. Uang Merupakan Sumber Daya yang Terbatas

Uang sudah pasti dapat memenuhi berbagai kebutuhanmu. Namun, sebanyak apapun uang yang kamu miliki, tidak akan dapat bertahan jika tidak dikelola serta nilainya akan semakin berkurang di masa mendatang.

Ketika kamu tidak mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang baik untuk mengelola uang, uangmu bisa habis tanpa tersisa.

2. Semakin Banyak Uang, Pengelolaan Akan Semakin Kompleks

Ketika kamu mempunyai uang dengan jumlah yang sedikit, masih lebih mudah untuk mengaturnya, apalagi jika kamu memiliki kemampuan yang baik untuk mengelola uang kamu dapat melakukan investasi dengan mudah dan cepat. Tetapi, jika uang yang kamu miliki dalam jumlah banyak, akan semakin rumit juga pengelolaan yang diperlukan.

Kamu akan lebih banyak memerlukan instrumen investasi, dan memerlukan bantuan tenaga ahli pada bidang tersebut.

3. Gaya Hidup Meningkat Lebih Tinggi dan Lebih Cepat

Kemampuan keuangan yang kamu miliki tentu bisa mempengaruhi gaya hidupmu. Ketika mempunyai uang banyak, gaya hidup yang kamu miliki bisa jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Kamu dapat membeli berbagai hal yang kamu inginkan meski harganya mahal, ini hal yang wajar, tetapi akan menyusahkan bila dilakukan berlebihan. Jadi meskipun kamu bisa meningkatkan penghasilan, kamu tidak perlu meningkatkan gaya hidup dengan berlebihan.

Rekomendasi Aplikasi untuk Daftar MBanking

Saat ini, ada begitu banyak mobile banking yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan yang memiliki fitur unggulan yang berbeda-beda. Salah satu mobile banking yang dapat memenuhi semua kebutuhanmu adalah PermataMobile X.

PermataMobile X adalah aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh PermataBank yang mempunyai ratusan fitur untuk memudahkan transaksi dan memenuhi kebutuhan perbankan nasabah.

Selain cara daftar mBanking yang sangat mudah, ada berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X untuk dimanfaatkan para nasabahnya, seperti:

1. Fitur Lengkap dan Canggih

PermataMobile X memiliki ratusan fitur perbankan sehingga dapat memudahkan transaksi penggunanya.

2. Cek mutasi menjadi lebih mudah

Setelah mengikuti cara daftar MBanking, kamu bisa mengecek mutasi rekening dengan sangat mudah hingga 12 bulan terakhir.

3. Sangat praktis

Kamu dapat mengecek semua akun yang kamu miliki hanya di satu layar mulai dari melakukan pembukaan rekening, transfer, mengisi pulsa dan saldo e-wallet, cek mutasi, melakukan pembayaran kartu kredit, mengajukan KTA hingga berinvestasi. Seluruh hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi.

Hal yang Dapat Kamu Lakukan Menggunakan PermataMobile X

Dengan mengikuti cara daftar Mbanking PermataMobile X, kamu bisa melakukan berbagai macam hal, seperti:

1. Pengecekan mutasi rekening sampai 12 bulan terakhir.

2. Melakukan pembayaran tagihan mulai dari air, internet, listrik, telepon dan yang lainnya.

3. Melakukan pengisian ulang pulsa, token listrik, e-wallet hingga voucher e-games.

4. Membuka rekening tabungan, mengajukan kartu kredit, KTA, credit card hingga berinvestasi. Seluruh proses dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu pergi ke kantor cabang.

5. Setelah daftar mbanking kamu bisa melakukan transaksi investasi seperti penjualan, pembelian hingga switching reksadana melalui satu aplikasi.

6. Melakukan pembayaran dengan menggunakan fitur QR Pay di berbagai merchant atau toko pilihan. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan scan barcode pembayaran, dan tidak perlu lagi mengisi e-wallet.

7. Melakukan tarik tunai di semua gerai Indomaret dengan menggunakan fitur mobile cash. Kamu hanya perlu masuk di “Menu Lainnya”, klik menu “Mobile Cash”, pilih “Indomaret”. Masukkan nomor handphone saat daftar mBanking yang mana kamu akan menerima token. Berikan token ke kasir Indomaret dan proses tarik tunai dapat segera dilakukan.

8. Mengirim WhatsApp Gift. WhatsApp Gift adalah transfer dana yang juga disertai dengan kartu ucapan ke nomor WhatsApp. Ada berbagai macam pilihan kartu ucapan yang menarik. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu mengetahui tujuan nomor rekening, karena hanya perlu menggunakan nomor WhatsApp penerima.

9. Mengajukan kenaikan limit credit card.

Cara Daftar mBanking PermataMobile X

Agar dapat menggunakan berbagai fasilitas yang dimiliki PermataMobile X, berikut Cara daftar mBanking PermataMobile X untuk kamu ikuti:

1. Unduh aplikasi PermataMobile X di AppStore maupun di Google Play Store

2. Berikutnya, buka aplikasi dan pilih “Mulai”

3. Kamu akan mendapatkan pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” bila sudah memiliki rekening, pilih “Ya” dan sebaliknya, kamu dapat memilih “Tidak”, jika tidak memiliki rekening. Nantinya, kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk pilihan pembukaan rekening PermataBank.

4. Cara daftar mBanking selanjutnya, pilih “Tidak” ketika terdapat pertanyaan, “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”

5. Kamu dapat memilih, apakah ingin mendaftar dengan menggunakan kartu kredit atau nomor rekening

6. Ikuti petunjuk berikutnya sampai selesai dan kamu mendapatkan user ID.

Cara daftar Mbanking yang sangat mudah bukan? Dengan menggunakan PermataMobile X, kamu bisa melakukan perencanaan finansial dengan lebih praktis dan mudah. Jadi, unduh PermataMobile X sekarang juga melalui App Store atau Google Play Store.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya