Cerahkan-Bantu Atasi Kulit Meradang, Ini Sederet Manfaat Vitamin C

Buah kaya vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Kehidupan kerja yang sibuk, kurang tidur, stres, hingga seringnya terpapar sinar UV dan juga cahaya biru (blue light), seringkali menjadi cikal masalah kulit. Jika tidak dirawat, kulit bisa menjadi kusam hingga timbul flek hitam. 

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Untuk mengatasinya, konsumsi vitamin C bisa menjadi solusi. Vitamin C sendiri bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran, antara lain, jeruk, brokoli, sayur kale, paprika kuning, stroberi, pepaya, leci, lemon, kiwi, blackcurrant dan jambu biji. 

Namun, jika dirasa konsumsi dari makanan-makanan tersebut tidak terpenuhi, untuk menjaga kulit tetap sehat, bisa didapatkan dari penggunaan skincare yang rutin. 

Mulai Perjalanan Skincare dengan Retinol: Tips Essensial untuk Pemula

Brand General Manager Laneige, Mariana Tjahyana, menjelaskan, vitamin C sendiri bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan membantu meredakan kulit yang kemerahan atau meradang.

Vitamin C

Photo :
  • Times of India
5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

"Lalu juga kalau punya problem untuk kulit yang kusam, vitamin C, karena dia salah satu kandungannya aktif, dia juga bisa membantu untuk menaikkan tone atau warna kulit," ujarnya saat acara Laneige & Women's 10K #myRADIANCelife: Sun's Out! Fun's Out!, yang digelar belum lama ini. 

Lebih lanjut Mariana menjelaskan, bagi kamu pemilik kulit sensitif, bisa memilih skincare dengan kandungan vitamin C derivatives atau turunan. Menurutnya, jenis vitamin C ini sifatnya jauh lebih ringan dan lebih lembut dibandingkan vitamin C biasa. 

"Jadi dia akan lebih lembut di kulit, walaupun memilki kulit yang sensitif. Aku udah pake sendiri, jadi aku bisa bicara dari pengalamanku sendiri. Jadi no worries untuk pakai vitamin C, malah kulit kamu jadi lebih cerah dan sehat. Jadi ini umumnya akan sangat light di wajah," tandasnya. 

Mariana mengatakan, penggunaan sun cream atau tabir surya juga tidak kalah penting. Bahkan, ketika di dalam ruangan sekali pun, menurutnya, sun cream tetap wajib dipakai. 

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/senivpetro

"Jadi contohnya kita lagi di kantor. Sebenarnya kalo di kantor kan kita mikir ngapain sih pakai sun cream atau sunblock, karena saya gak kena langsung. Padahal kan sebenarnya cahaya itu masuk dari jendela terdekat kita dan efek dari UVA, UVB itu masih ada, walaupun kita memang gak ngerasain langsung. Dan itu untuk jangka panjangnya pasti akan memberikan efek di wajah kita," pungkas Mariana Tjahyana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya