6 Opsi Pinjaman Dana, Penuhi Kebutuhan Pribadi Maupun Modal Usaha

Ilustrasi transaksi lewat online.
Ilustrasi transaksi lewat online.
Sumber :

VIVA – Dengan bertambahnya usia, maka biaya hidup juga ikut meningkat. Harga kebutuhan sehari-hari cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Akan tetapi, hal tersebut kerap tidak dibarengi dengan peningkatan penghasilan sehingga beban finansial kian berat.

Alhasil, saat muncul pengeluaran mendesak, tidak sedikit orang harus mencari pinjaman dana untuk mengatasinya. Di samping itu, pinjaman uang juga dibutuhkan untuk menambah modal usaha agar bisa meningkatkan penghasilan. Saat ini ada banyak layanan pinjaman yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mudah.

Hanya saja, setiap opsi layanan pinjaman dana tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Lantas, apa saja alternatif layanan kredit yang dapat dipilih saat membutuhkan bantuan finansial? Untuk lebih jelasnya, simak 6 opsi pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun modal usaha beserta tips memilihnya berikut ini.

1. Pinjaman ke Bank dengan Jaminan 
Bank merupakan lembaga keuangan yang kerap dipilih oleh masyarakat saat mencari pinjaman dana. Pengajuan pinjaman di bank juga relatif aman dan juga terjamin. Walaupun begitu, persyaratan untuk bisa mengajukan pinjaman bank cenderung banyak dan mungkin sebagian kalangan masyarakat tidak mampu memenuhinya.

Sebagai contoh, tak sedikit pengajuan pinjaman bank terhambat oleh syarat memberi aset berharga sebagai jaminan. Nilai aset tersebut juga mempengaruhi terhadap plafon pinjaman yang bisa diajukan oleh nasabah sehingga kerap membuat aktivitas kredit tak optimal. Namun, jika mampu memenuhi segala persyaratannya, pinjaman bank ini memiliki beragam keunggulan dibanding layanan kredit lainnya, seperti, suku bunga terjangkau dan plafon tinggi.

2. Pinjaman Online
Jika tidak mampu memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman bank, memilih layanan pinjaman online terbaik bisa menjadi alternatif yang pas. Berbeda dengan bank, pinjaman online memiliki syarat dan proses pengajuan yang simpel, juga mudah. Bahkan, layanan kredit ini bisa diajukan hanya bermodalkan beberapa dokumen pribadi seperti KTP dan KK saja.

Tergantung kondisi keuangan, limit yang diberikan pinjaman online juga cukup tinggi, mencapai puluhan juta Rupiah. Saat memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, cek dulu status terdaftar dan izin usahanya di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa layanan pinjaman online tersebut resmi, legal, dan terpercaya.

3. Koperasi Simpan Pinjam
Alternatif layanan pinjaman lain yang bisa Anda pilih untuk penuhi kebutuhan atau menambah modal usaha adalah koperasi simpan pinjam. Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh anggota koperasi dengan syarat yang cenderung lebih mudah ketimbang pinjaman bank.

Selain itu, koperasi simpan pinjam juga umumnya memiliki jenis bunga flat dan bisa dinegosiasikan oleh pihak peminjam agar mampu mendapat layanan pinjaman yang terbaik. Selayaknya pinjaman online, Anda perlu memastikan dulu legalitas dan status terdaftar layanan koperasi agar terhindar dari risiko penipuan.

4. Fitur Paylater
Kemajuan teknologi tidak hanya memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan finansial melalui pinjaman online, tapi juga fitur paylater. Memiliki cara kerja yang mirip dengan kartu kredit, fitur ini mampu dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja sekarang dan membayar tagihannya belakangan. Jadi, layanan ini cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian mendesak tapi hari gajian tak kunjung datang.

Meski begitu, adanya layanan paylater ini perlu disikapi dengan bijak agar tak sekadar menjadi utang konsumtif yang membebani keuangan. Tetap batasi penggunaannya dan perhatikan tingkat bunga yang dibebankan setiap kali memanfaatkan layanan pinjaman ini. Jangan sampai cicilan paylater terlampau tinggi hingga tak mampu diatasi oleh keuangan.

5. Kredit Usaha Rakyat
Sesuai namanya, Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan layanan pinjaman yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan modal bisnis. Disediakan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan bank, KUR ditujukan untuk meningkatkan geliat UMKM agar mampu mendapatkan layanan pinjaman berbunga rendah. Beberapa industri utama yang didukung oleh layanan KUR adalah usaha di bidang pertanian, kehutanan, perikanan, sampai simpan pinjam.

6. Kredit Tanpa Agunan
Opsi layanan pinjaman terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan harian atau modal usaha adalah kredit tanpa agunan atau KTA. Pada dasarnya, layanan ini mirip dengan pinjaman bank. Yang membedakan adalah dihilangkannya syarat memberikan aset berharga sebagai jaminan atau agunan.

Akan tetapi, karena memiliki syarat pengajuan yang lebih mudah, pihak peminjam harus rela dibebani dengan tingkat bunga yang relatif lebih tinggi. Jadi, pastikan dulu untuk memahami ketentuan pinjaman KTA guna memastikan beban cicilannya sanggup diatasi oleh keuangan.

Pilih Layanan Pinjaman Sesuai Kebutuhan dan Kondisi Keuangan
Itulah 6 layanan pinjaman dana yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pribadi ataupun menambah modal usaha. Terlepas dari semua pilihan tersebut, Anda wajib menyesuaikan layanan pinjaman dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangan. Barulah dengan begitu keputusan untuk mengajukan kredit tidak akan menjadi bumerang yang malah bisa memicu masalah finansial karena tak mampu melunasinya dengan lancar.