Saking Hitsnya Kafein Kini Ada Kopi Kolagen, Apa Itu?

Ilustrasi gambar kopi.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari di Indonesia. Bahkan sebagian orang telah menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup, baik dinikmati sebelum beraktivitas di pagi hari atau di sela-sela istirahat setelah bekerja. 

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Pertumbuhan jaringan coffeeshop lokal yang semakin pesat di Indonesia juga menunjukkan tingginya antusias masyarakat terhadap minuman berkafein ini. Terlebih, kopi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk kecantikan. 

Tak sedikit orang yang memanfaatkan bubuk kopi sebagai masker, scrub, atau pasta untuk dioleskan langsung ke kulit. Bubuk kopi sendiri memang dipercaya mampu menjadi bahan eksfoliasi (pengelupasan kulit) yang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga menjadi lebih halus.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Tapi, jika kamu tidak suka mengaplikasikan masker, scrub, atau pasta bubuk kopi ke kulit, kamu juga masih bisa memperoleh banyak manfaat untuk kulit dengan meminumnya. 

Ilustrasi bubuk kopi.

Photo :
  • Pixabay/Elias Shariff Falla Mardini
Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Product Manager Nutrafor White Beauty, Augustin, mengungkapkan, ada anggapan yang beredar, karena mengandung kafein, mengonsumsi kopi bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan tampak kusam. Akan tetapi, menurut Augustin, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. 

"Kulit kering dan kusam yang disebabkan minum kopi, hanya terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan. Ketika dikonsumsi dengan benar dan secara moderat, kopi yang mengandung kafein ini justru baik untuk kesehatan kulit," ujar Augustin dalam keterangannya, Jumat 15 Juli 2022. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, kafein sendiri mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kulit. Antioksidan adalah zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan atom tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, salah satunya penuaan dini. 

"Selain itu, antioksidan juga diyakini dapat meningkatkan kadar kolagen, jenis protein berserat yang berperan sebagai pondasi utama kulit. Kini telah hadir inovasi baru kopi kolagen dan glutathione yang berfungsi untuk menutrisi kulit, rambut, kuku, serta kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit," bebernya. 

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

"Konsumsi kopi kolagen dan glutathione akan menghasilkan kulit yang lebih lembap, halus, cerah, serta menyamarkan kerutan dan flek hitam pada kulit. Salah satu yang juga mengandung kolagen dan glutathione ialah Nutrafor White Beauty Coffee (NWB Coffee)," sambung dia. 

Menurut Augustin, perubahan yang tampak pada kulit diperkirakan dapat terlihat setelah NWB Coffee dikonsumsi secara rutin selama 14 hari. 

"Untuk hasil maksimal, konsumsinya bisa dikombinasikan bersama NWB Kapsul dengan cara minum NWB Coffee pada siang hari dan NWB Kapsul pada malam hari," imbuh Augustin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya