Gak Nyangka, Batik Tulis Cantik Ini Karya Siswa-Siswi Indonesia

Batik tulis karya anak Indonesia.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Lifestyle – Membuat batik tulis tentu saja bukan perkara mudah. Dibutuhkan keahlian, keterampilan dan ketelitian agar dapat menciptakan karya batik tulis yang indah. Namun, hal itu mampu dilakukan adik-adik dari Komunitas Pembatik Cilik di Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul. 

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Komunitas yang menaungi 87 siswa-siswi lintas sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) itu, mampu menghasilkan produk batik tulis yang berkualitas dengan semangat untuk melestarikan budaya batik khas daerah setempat.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, mereka telah memulai melakukan pembinaan pilar kecakapan hidup membatik untuk guru-guru dan siswa-siswi di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta sejak sekitar 2007-2008. 

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

"Kami berharap bahwa siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga dapat terus mengasah kecakapan hidup serta kepercayaan diri yang dapat menjadi bekal bermanfaat untuk masa depan mereka dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerahnya," kata Herawati dalam keterangannya, Rabu 27 Juli 2022. 

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Dalam acara Seremoni Ekspor Desa Sejahtera Astra Klaster Kriya 2022 yang berlangsung di Wanawisata Hutan Pinus, Mangunann Bantul, para siswa-siswi binaan yang tergabung dalam Komunitas Pembatik Cilik wilayah Pandak dan Gedangsari ini, memamerkan hasil karya batik tulis yang diperagakan oleh para finalis peserta Miss Bantul 2022. 

"Program pembinaan pilar kecakapan hidup ini menjadi bentuk nyata dukungan YPA-MDR untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas," terang dia. 

YPA-MDR yang berdiri sejak tahun 2009, adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi sosial berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah prasejahtera atau 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas. 

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 112 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 Kabupaten, yaitu Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya