Operasi Plastik Biar Makin Cantik? Ini Kata Pakar dari Girin Hospital

Dr. Lee Seung Ryong
Dr. Lee Seung Ryong
Sumber :
  • Dok. Ist

VIVA Lifestyle – Beauty is pain, tiga kata ini tampaknya sudah menjadi hal biasa bagi sebagian kaum adam dan juga kaum hawa. Mereka rela melakukan operasi plastik di bagian anggota tubuh tertentu agar terlihat makin cantik dan sempurna.

Operasi plastik tentu punya prosedur tinggi dan tidak sembarangan. Banyak hal yang harus disiapkan terutama biaya yang fantastis dan mental yang berani.

Apalagi kalau mau terlihat sangat sempurna dan cantik, tak sedikit orang yang memilih Korea Selatan sebagai "kiblat" untuk operasi plastik, misalnya di Girin Hospital, Seoul, Korea Selatan. Hal ini karena alat dan sumber daya manusia di negara ginseng tersebut sudah terpercaya.

"Keahlian dokter-dokter di Korea jauh melebihi negara-negara lain. Dan juga untuk harga di Korea harganya lebih bagus dan terjangkau, tidak over price," kata Dr. Lee Seung Ryong selaku President Director of Girin Hospital saat acara Intimate Gathering & Korean Plastic Surgery Consultation di Hotel JS Luwansa.

Dr. Lee Seung Ryong

Dr. Lee Seung Ryong

Photo :
  • Dok. Ist

Dr. Lee Seung Ryong menjelaskan bahwa orang yang ingin melakukan operasi plastik karena ingin meniru wajah sang idola. Saat ini banyak pasien yang ingin punya wajah mirip Karina aespa.

Belakangan ini profil Karina aespa semakin sering diperbincangkan seiring dengan debutnya dengan grup Girls on Top (GOT). Karina pertama kali debut sebagai member aespa bentukan SM Entertainment pada November 2020 lalu. Setahun kemudian, ia kembali didebutkan bersama sejumlah idol wanita pentolan SM Entertainment lain seperti BoA dan Taeyeon SNSD lewat GOT. Dia memiliki perjalanan karir yang melejit dengan cepat.

"Ya, saat ini banyak ingin punya wajah seperti dia," ucap Dr. Lee lagi.

Untuk biaya operasi plastik tentu berbeda-beda tiap pasien karena sesuai kebutuhan dan bagian anggota tubuh mana yang akan dipermak. Namun kisaran harganya mulai dari Rp 36 juta hingga Rp 400 juta.

"Untuk operasi bagian mata, hidung itu biasanya di kisaran Rp36 jutaan sampai Rp360 jutaan tergantung jenis dan bagian-bagian, dan tingkat kesulitan dari prosedur pembedahan yang dilakukan," ungkap dia lagi.

Dr. Lee Seung Ryong mengatakan bahwa orang Indonesia lebih banyak yang suka operasi di bagian dada dan wajah. Hidung menjadi anggota tubuh favorit untuk dioperasi.

“Orang Indonesia kebanyakan lebih banyak melakukan operasi kecantikan di seputar bagian wajah dan dada. Biasanya, untuk bagian wajah itu yang paling sering di bagian hidung, misalnya untuk membuat hidung lebih mancung dan lancip," ujar Dr. Lee Seung Ryong lagi.

Dr. Lee melanjutkan, operasi di bagian hidung di Korea sendiri biasanya lebih dikenal dengan istilah rhinoplasty. Pada prosedur rhinoplasty bagian hidung yang akan direkonstruksi biasanya adalah tulang hidung.

“Jika kebanyakan orang Asia memiliki tulang hidung yang datar, jika dilakukan rhinoplasty, maka tulang hidung tersebut dibuat lebih tinggi sehingga hidung lebih mancung,” lanjutnya.