Baju Adat Jokowi Asal Bangka Belitung Dibuat Hanya 3 Hari

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • ANTARA/Agus Suparto

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih memakai baju adat Paksian dari Bangka Belitung saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2022. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi tampak mengenakan busana adat daerah saat berpidato di Gedung Nusantara. Dalam kesempatan kali ini, Presiden Jokowi memilih Baju Paksian asal Provinsi Bangka Belitung, seperti mengutip keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Pakaian adat tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif "pucuk rebung". Motif tersebut melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Di sisi lain, Sekretaris Pribadi Presiden, Anggit Nugroho menjelaskan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mempersiapkan baju adat yang akan  dipakai pada pidato kenegaraan 16 Agustus 2022 dan Upacara Peringatan ke-77 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022.

"Dikumpulkanlah baju-baju adat dari daerah-daerah yang belum pernah dikenakan Presiden. Dari sekian banyak busana adat tersebut diseleksi hingga tinggal tiga buah," kata Anggit Nugroho kepada awak media.

Lebih lanjut, diungkap Anggit Nugroho bahwa untuk tanggal 16 hari ini presiden Jokowi memilih baju adat Paksian dari Bangka Belitung. Baju ini terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka. Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon.

"Pada baju terdapat ornamen hiasan bermotif Pucuk Rebung. Sebenarnya warna asli baju adat ini berwarna merah, namun selaras dengan perkembangan zaman warna baju menyesuaikan selera pemakainya," ujarnya.

Diungkap lebih lanjut, bahwa baju adat yang dikenakan Presiden pagi hari ini diperoleh langsung dari perajin lokal di Bangka Belitung.

"Pihak Sespri menyampaikan ukuran baju dan celana Presiden, mereka yang menjahit dan menyiapkan baju beserta aksesorisnya dalam waktu sekitar 3 hari. Setelah jadi, baju adat dibawa kurir dari Bangka Belitung menuju Jakarta," tutur Anggit.

Sementara itu, untuk busana yang dikenakan oleh ibu negara, Iriana Joko Widodo tidak disiapkan secara khusus oleh sespri namun disiapkan sendiri oleh Iriana Joko Widodo. Dari mulai desain, pemilihan bahan hingga menjadi baju siap pakai.

Busana yang dikenakan Ibu Negara tidak disiapkan secara khusus oleh Sespri, namun disiapkan sendiri oleh Ibu Iriana. Dari mulai desain, pemilihan bahan hingga menjadi baju siap pakai.

Sementara itu terkait baju adat yang akan dikenakan presiden pada peringatan 17 Agustus besok Anggit Nugroho masih merahasiakannya.

Untuk diketahui, hari ini, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 dan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Pada siang harinya, Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.