Jokowi Kenakan Busana Adat Dolomani dari Buton, Ini Maknanya

Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Dolomani dari Buton
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle –  Pada perayaan HUT ke -77 Republik Indonesia, hari ini Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian adat dari suku Buton Sulawesi Tenggara. Dalam perayaan HUT RI ke-77 Jokowi akan memimpin langsung upacara HUT RI di Istana Negara. 

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Dalam kegiatan yang digalar sejak pagi tadi, terlihat Jokowi menggunakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara, Dolomani. Pakaian yang dikenakan presiden itu terdiri dari baju, celana, sarung, kopiah yang dilengkapi dengan badik serta katuko atau tongkat.

"Ini baju dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara," kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara kepada awak media, Rabu 17 Agustus 2022.

Jokowi: Indonesia Succeeded in Reducing Stunting Rate

Mengutip dari tayangan TVOne, diketahui Pemerintah kota Bau-bau telah mengirim pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani yang sarat filosofi kepemimpinan. Ketua Dekranas Kota Bau-bau Waode Nursanti Monianse mengatakan pakaian adat ini telah dikirim ke Istana Negara.

Pakaian Dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan dimana motifnya memiliki filosofi kepemimpinan. Salah satu corak tumbuhan yang menempel di baju dan kopiah bertuliskan Maulana dalam bahasa Arab berarti pemimpin umat.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Pakaian Dolomani ini dijahit langsung oleh salah satu penjahit di kota Bau-bau bernama Husein. Meski permintaan pembuatan pakaian adat ini mendadak, tetapi Husein dapat mengerjakannya dengan terampil dengan waktu dua hari.

Husein pun mengaku bangga dapat menjahit pakaian Kesultanan Buton yang akan dikenakan oleh Presiden Joko Widodo. Disinggung masalah harga, Husein mengaku tidaklah menjadi hal utama. Namun hasil karyanya yang bisa dikenakan Presiden justru menjadi kebanggaan baginya.

Selain pakaian adat Kesultanan Buton, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara juga menawarkan pakaian adat Suku Tolaki yang bakal menjadi pilihan untuk pakaian yang akan dikenakan Presiden Joko Widodo pada Upacara HUT RI ke 77.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya