Lagi Diet Gak Boleh Makan Malam Ternyata Mitos, Ini Kata Ahli Gizi

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Selain memilih jenis dan membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi, ada beberapa aturan dalam diet yang harus diterapkan agar penurunan berat badan lebih optimal. 

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Salah satu mitos yang santer beredar dan diaplikasikan banyak orang ketika diet adalah tidak makan lagi ketika sudah malam. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar. 

Registered Dietitian Nutritionist (RDN) sekaligus Personalized Diet Coach SLIM+, Clarissa Stella Paimanta, menjelaskan, sebenarnya makan malam masih diperbolehkan bagi pelaku diet. Sebab, yang memengaruhi berat badan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi per hari.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

"Nah, masalahnya kebanyakan orang makan malem itu meal yang paling besar, dan udah gitu makan malam ditemani oleh cemilan malam, yang ngunyah terus sampai mata tertutup, untuk tidur itu yang bisa bikin masalah," ungkap Clarissa saat grand opening SKIN+ dan SLIM+ by Euromedica di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Rabu 31 Agustus 2022. 

Ilustrasi ngemil/camilan.

Photo :
  • Pexels
5 Benefits of Fasting for People with GERD

Lebih lanjut Clarissa menegaskan, makan malam tidak menjadi masalah, asal porsinya dikontrol dan pemilihan makanannya juga yang bergizi. 

"Jadi jangan makan malem kayak junk food juga, kita nggak rekomen yang junk food. Tapi kalau memang laper seharian yang membutuhkan gizi dan kalori tersebut, makanlah," kata dia. 

Di sisi lain, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk memberi jeda beberapa jam sebelum tidur, Clarissa menjelaskan, hal itu untuk memberi ruang sebelum beristirahat. Terlebih bagi penderita asam lambung atau GERD

"Untuk yang asam lambung atau GERD, langsung rebahan makanan bisa naik, asam lambungnya bisa naik. Jadi makanya ada paling nggak nunggu satu jam setelah makan terakhir sebelum tidur," tuturnya. 

Ilustrasi sakit maag/sakit perut.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

"Tapi bukan jadi patokan juga. Makan malem biasanya sama keluarga itu jam 7, tapi setiap hari tidurnya jam 1 atau jam 2, itu jangka waktu sangat panjang. Jadi kita nggak bisa batasi jamnya, kalau misalnya 3 sampai 4 jam lagi udah mulai lapar, makanlah snack kecil yang ada proteinnya, paling enggak bisa sustain sampe waktu tidur," sambung dia. 

Clarissa pun turut memberikan beberapa contoh camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat malam hari. Apa saja?

"Yang ada proteinnya, susu, yogurt, buah-buahan itu oke," pungkas Clarissa  Stella.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya