Lahirkan Konten Kreator Kecantikan Lewat Ajang Beauty Star on TikTok

“Beauty Star on TikTok
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Dengan  populasi lebih dari 270 juta penduduk, daya beli konsumen serta kesadaran akan kesehatan dan perawatan kecantikan, Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan bagi perusahaan kosmetik.

Viral Kontroversi Rumsyah Baduy dan Vilmei

Pertumbuhan industri yang didorong oleh digitalisasi dan perubahan pola belanja konsumen akibat pandemi, juga tidak luput dari peran kreator di platform digital yang terus mendorong masa depan tren kecantikan Indonesia lewat ragam konten informatif yang menghibur.

Dan dalam upaya mendukung pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia, TikTok, bekerja sama dengan L’Oréal Indonesia dan Indonesian Beauty Vlogger menggelar kompetisi kecantikan berskala nasional untuk temukan talenta kreator kecantikan masa depan dan dukung komunitas kecantikan lokal

Ada Kabar Gembira untuk Para Konten Kreator, Kemudahan Penggunaan Musik Berlisensi

Mengangkat  tema “Celebrating Your Unique Beauty”, kompetisi ini mengajak komunitas kecantikan Indonesia untuk merayakan keunikan mereka dan mengekspresikan diri mereka secara autentik melalui kreativitas.

Para peserta dan pemenang dari Beauty Star on TikTok juga merupakan masa depan dari kreator kecantikan yang akan membantu menampilkan ragam kecantikan yang ada di Indonesia.

Hollyland Pyro S Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Haswar Hafid, Head of Brand Partnerships, TikTok Indonesia menyatakan, dalam beberapa tahun terakhir, kreator konten telah memainkan peran penting dalam menetapkan norma baru untuk kecantikan, termasuk kreator kecantikan di TikTok.

“Sebagai platform hiburan, kami senang melihat TikTok menjadi tujuan utama bagi komunitas kecantikan Indonesia untuk belajar hal baru dan terhibur melalui konten kreatif yang disajikan secara autentik dan menarik dari para kreator kami. Dari tutorial makeup, review produk, hingga tren kecantikan baru, komunitas kecantikan lokal terus menginspirasi satu sama lain di TikTok. Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk menemukan generasi kreator konten kecantikan berikutnya melalui kompetisi ini,” kata dia dalam keterangannya. 

Konten kecantikan dan fesyen telah mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun ke belakang. Hal ini terlihat dari performa tagar #GayadiTikTok yang telah menerima lebih dari 8,6 miliar tayangan.

Selain itu, terdapat beberapa tagar populer seputar kecantikan antara lain #Beauty101 yang membahas tutorial makeup dengan 1,7 miliar tayangan; #makeup yang telah disaksikan 292,1 miliar kali; serta tagar #skincare yang telah dilihat sebanyak 110,6 miliar kali.

Beauty Star on TikTok pun hadir pada saat yang tepat. Lebih dari sekadar kompetisi, melalui Beauty Star on TikTok, TikTok ingin merayakan semangat dari komunitas kecantikan di Indonesia dan mengajak mereka untuk mengekspresikan diri secara autentik dan penuh percaya diri, melalui kemampuan mereka yang luar biasa.

Hadir dalam format reality show, Beauty Star on TikTok diawali dengan audisi terbuka menggunakan tagar #BeautyStaronTikTok untuk menyaring 100 kreator terbaik guna memasuki babak semifinal, 100 semifinalis terpilih  kemudian mengikuti berbagai tantangan intensif yang dihadirkan oleh TikTok dan L’Oréal.

Setelah mengikuti tantangan tersebut, 15 kreator finalis akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi workshop dan program mentoring eksklusif dari para ahli kecantikan Indonesia. Program bimbingan dari para juri ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan finalis dengan wawasan terkini dari industri kecantikan, personal branding, hingga tips membuat konten yang menarik. Proses inkubasi dan workshop didokumentasikan dan dipublikasikan dalam bentuk web series di akun Beauty Star on TikTok.

Para finalis Beauty Star on TikTok akan bertanding untuk memenangkan hadiah utama dengan total hingga ratusan juta rupiah, mulai dari uang tunai, perjalanan ke Paris, peralatan dan gadget terkini untuk keperluan konten, serta produk kecantikan dari L’Oréal Indonesia.

”L’Oréal percaya akan kekuatan kreativitas dan kami telah melihat peranan penting dari komunitas TikTok sebagai pionir dalam melahirkan tren kecantikan. Lebih dari itu, di L’Oréal kami berkomitmen untuk merayakan perbedaan dan inklusivitas dengan menerima ragam kultur, latar belakang, dan gaya hidup yang ada. Bersama lima belas brand unggulan; Garnier, L’Oréal Paris, Maybelline, dan brand lainnya, kami merayakan kreativitas dan inklusivitas dari kreator kecantikan sekaligus memupuk ekspresi diri mereka sehingga kita bisa bersama-sama memajukan industri kecantikan Indonesia,” kata Fabian Prasetya Wijaya, Chief Digital & Media L’Oréal Indonesia.

Beauty Star on TikTok juga berkolaborasi dengan figur publik dan para ahli di industri kecantikan Indonesia sebagai juri dan pembawa acara, di antaranya Jharna Bhagwani (Pemenang TikTok Awards Indonesia 2021 untuk kategori “Best of Fashion & Beauty”) Bubah Alfian (Makeup Artist International Celeb Makeup Artist from Indonesia), Patricia Gouw (Selebriti dan Pemenang Asia Next Top Model), Cindercella (Kreator Konten Kecantikan), Ashilla Sikado (TikTok's Top Beauty Creator), dan Minyo33 (Kreator Konten Kecantikan, IBV Founder dan CEO PT. DKCI).

Vanya Qinthara, Founder dari Indonesian Beauty Vlogger dan Juri Beauty Star on TikTok berbagi semangat dan makna dari kompetisi ini bagi dirinya sebagai seorang kreator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya