Cara Benar Obati Jerawat, Jangan Dianggap Remeh

Ilustrasikulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

VIVA Lifestyle – Jerawat tak hanya mempengaruhi penampilan, tapi juga bisa berdampak pada kondisi psikis seseorang. Hal ini karena jerawat bisa menurunkan kepercayaan diri, bahkan memperparah stres hingga memicu kecemasan.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Menurut dr. Madana N., SpKK, dermatologist dan penanggung jawab Klinik Lithea, jerawat dewasa memiliki dampak negatif pada kualitas hidup pasien wanita dewasa, bahkan bagi kasus jerawat di tingkat ringan dan
sedang. Beberapa mengatakan bahwa mereka merasa malu, mempengaruhi kepercayaan diri dan mengganggu interaksi sosial mereka sehari-hari.

Hal ini juga banyak terjadi disebabkan penanganan jerawat yang kurang serius. Sehingga, jerawat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Dijelaskan dr. Madana, bekas jerawat bisa bermacam-macam mulai dari kemerahan, bekas kecokelatan, hingga scar atau bopeng. Bekas jerawat juga dipengaruhi oleh tingkatan jerawat yang dialami.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

"Baik pada remaja atau dewasa, dilihat dari saat jerawat muncul seperti apa, kemudian perkembangan jerawatnya. Harus ditangani sedini mungkin jangan sampai masuk fase yang sudah meradang atau bernanah," ujar dr. Madana saat bincang media DermLive by La Roche Posay beberapa waktu lalu.

Lanjut dr. Madana, jerawat yang sudah meradang atau membesar akan lebih lama perawatannya, risiko terjadi scar atau bopeng pun lebih besar.

Karenanya, jerawat dewasa atau adult acne harus segera ditangani. Saran dr. Madana, segera temui dokter spesialis kulit atau dermatologist karena dokter bias mendiagnosis secara tepat apa yang dibutuhkan pasien. Selain itu, pasien juga bisa mendapat perawatan yang tepat yang disesuaikan dengan tingkat keparahan jerawat.

"Pasien yang datang secara general akan diberi krim untuk mengatasi jerawatnya, kalau sudah parah bisa ditambah dengan obat minum seperti antiobiotik. Bisa ditambah treatment lain seperti peeling atau eksfoliasi juga dilakukan laser yang disesuaikan dengan kondisi pasien," jelas dr. Madana.

Jerawat pasir.

Photo :
  • U-Report

Jerawat, tambah dr. Madana, harus ditangani dari segala sisi agar lebih cepat penyembuhannya. Selain itu, perlu diingat bahwa perawatan jerawat bukan proses yang instan atau membutuhkan perjalanan sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya