Rawat Kulit Cuma Pakai Skincare? Dokter Ungkap Dampak Buruknya

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Tak sedikit orang yang menganggap bahwa merawat kulit dengan skincare saja sudah cukup untuk membuat kulit sehat dan terhindar dari masalah. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Hari Darmawan, Sp.KK, menjelaskan, kulit mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan kulit paling atas (epidermis), lapisan tengah (dermis) dan lapisan terdalam kulit (hipodermis). 

Scroll untuk mengetahui perawatan yang tepat untuk kulit.

"Kalau kita hanya menggunakan skincare saja, kita hanya bisa mencapai ke lapisan dermis saja. Jadi artinya, kalau kita hanya menggunakan perawatan skincare saja tidak bisa mendapatkan hasil kulit yang bagus," ungkap dokter Hari saat peluncuran perangkat kecantikan ELVi Pro dari BSKIN, di Swissotel PIK Jakarta, Kamis 8 September 2022. 

Dokter Hari mengatakan, dengan menggunakan skincare, kulit memang akan menjadi halus, lembut atau bahkan cerah. Namun menurutnya, elastin dan kolagen kulit tidak terstimulasi dengan baik. Lalu, apa akibatnya?

Ilustrasi skincare.

Ilustrasi skincare.

Photo :
  • Freepik/jcomp

"Kulitnya tidak mendapatkan yang kenyal, kuat, kemudian kulitnya juga gampang kendur. Itulah alasan kenapa kalau kita hanya menggunakan skincare, hasil yang didapat tidak akan maksimal," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title