Tak Hanya Wajah, Anggota Badan Lain pun Wajib Pakai Sunscreen

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA Lifestyle – Seorang dokter kulit di New York bernama dr. Avi Bitterman mengunggah sebuah foto seorang wanita di Twitter pada 2 September 2022. Foto tersebut menunjukkan apa yang terjadi ketika seorang wanita berusia 92 tahun menggunakan sunscreen di wajah namun tidak mengoleskannya di leher. 

Selama Puasa Dilarang Pakai Skincare dengan Bahan Ini, Kenapa?

“Pipi dan leher seorang wanita berusia 92 tahun yang menggunakan pelembab pelindung sinar UV di wajahnya tetapi tidak di leher selama lebih dari 40 tahun,” tulisnya dalam keterangan unggahan. 

Yuk scroll ke bawah!

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Dalam foto tersebut terlihat kerusakan akibat sinar matahari pada kulit lehernya yang lebih banyak kerutan dan perubahan warna dibandingkan kulit wajah. Potret itu menjadi viral dan bisa dibilang menjadi pengingat untuk mengoleskan sunscreen ke seluruh bagian tubuh yang terkena sinar matahari.

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
Rekomendasi Produk Sunscreen Terbaik untuk Perlindungan Kulit Wajah yang Bisa Kamu Coba

Dilansir dari South Morning China Post, foto tersebut awalnya diterbitkan dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology pada Oktober 2021 sebagai bagian laporan tentang kanker kulit dan penuaan dalam contoh efek perlindungan sinar matahari. 

Sinar UV, radiasi tak terlihat dari matahari dapat merusak sel-sel kulit yang menyebabkan perubahan warna dan kerutan permanen. Paparan sinar UV juga merupakan penyebab kanker kulit yang paling dapat dicegah dan jenis kanker paling umum sejauh ini menurut American Cancer Society. 

Kanker kulit

Photo :
  • The Sun

Orang dengan kulit yang lebih terang, bermata biru atau hijau, kulit yang mudah terbakar, rambut pirang, atau keluarga mereka memiliki ciri-ciri fisik tersebut mempunyai risiko paling tinggi terkena kanker kulit. Namun jangan dianggap remeh, siapapun tetap bisa berisiko.

American Association of Dermatology mengungkapkan untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari, semua orang (selain bayi di bawah enam bulan) harus mengoleskan sunscreen dengan faktor perlindungan (SPF) 15 atau lebih tinggi ke semua area tubuh yang terbuka sebelum pergi ke luar ketika indeks UV berada di angka 3 atau lebih. Pemakaian sunscreen juga diwajibkan bahkan ketika musim dingin atau cuaca sedang mendung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya