Jahe Bisa Cegah Uban Hingga Tumbuhkan Rambut, Begini Cara Pakainya

Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

VIVA Lifestyle – Jahe sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi siapa sangka, bumbu dapur satu ini juga mempunyai manfaat untuk merawat rambut dan kulit kepala. 

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Rempah-rempah ini dikemas dengan sifat antijamur, antioksidan dan antimikroba, yang mampu menjaga keseimbangan alami kulit kepala kita. Jahe juga merupakan sumber utama vitamin C, mineral dan zat penyegar yang mampu menenangkan iritasi dan membantu pertumbuhan rambut. Yuk, scroll!

Berikut lima manfaat jahe untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, dilansir Purple, Selasa 13 September 2022.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Meningkatkan pertumbuhan rambut
Jahe dapat meningkatkan sirkulasi di kulit kepala. Hal ini membuatnya mampu merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar folikel rambut. 

Ilustrasi rambut/wanita.

Photo :
  • Freepik/master1305
Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Mencegah kerontokan
Dikemas dengan vitamin, asam lemak dan mineral, jahe juga dipercaya dapat memperkuat rambut dan mencegah kerontokannya. 

Menyembuhkan iritasi
Jahe membantu melawan infeksi kulit kepala dan dapat memulihkan kesehatan kulit kepala. Bahkan, jika kamu sedang mengalami gatal-gatal atau iritasi sekali pun, jahe mampu membuat kulit kepala terasa rileks dan segar. 

Mencegah uban
Jahe mengandung banyak sifat antimikroba dan antiseptik, yang dapat membersihkan kulit kepala dan mencegah ketombe. Mengaplikasikan minyak ekstrak jahe secara teratur ke kulit kepala dapat membuatnya tetap sehat dan bebas ketombe. 

Cara menggunakan jahe untuk rambut
Jus jahe mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tingkat pH. Kamu dapat mengekstrak jahe dan mencampurnya dengan air. Kemudian, aplikasikan jus jahe ini di area rambut atau kulit kepala yang berketombe dengan bantuan bola kapas. Kamu juga bisa mencampur jus ini dengan bahan kuat lainnya seperti jus lemon untuk meningkatkan efisiensi perawatan. 

Gunakan sampo berbahan dasar jahe
Jika kamu merasa mengekstrak jahe adalah hal yang sulit dan merepotkan, menggunakan sampo berbahan dasar jahe adalah pilihan yang tepat. Menggunakan sampo ini dapat membantu menghilangkan ketombe, membersihkan rambut dan membuatnya bebas minyak. 

Ilustrasi keramas.

Photo :
  • Freepik/freepik

General Manager Arkatama Cakkavati Indonesia, Willy Salim, mengatakan, produk O'Sweet Singapore Ginger Shampoo, juga berbahan dasar jahe. Di mana konsentrasinya untuk menghentikan rambut rontok dan menumbuhkan rambut baru. 

"Dan di samping itu juga, kelebihan produk ini yang memang fungsinya juga, kami menggunakan bahan alamiahnya itu adalah menggunakan bahan jahe. Dari beberapa jenis shampoo O'Sweet ini, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Tentu dengan tujuan utama tetap untuk perawatan rambut, mulai dari mencegah kerontokan, menumbuhkan kembali rambut baru hingga mencegah ketombe," ujar Willy dalam keterangannya. 

WIlly mengklaim, O’Sweet Singapore Ginger Shampoo, memiliki beberapa keunggulan antara lain melembutkan dan menghaluskan rambut, memperkuat akar rambut, menstimulasi pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe, mencegah rambut kering, memperbaiki rambut rusak akibat bleach (coloring), mengontrol minyak dan memperlambat timbulnya uban rambut.

Selain sampo, O'Sweet juga mengeluarkan beberapa produk perawatan rambut lain, di antaranya O'Sweet Singapore Daikin Conditioner, Essence Hair & Scalp Tonic dan O'Sweet Singapore Hair Paddle Brush. Selain itu, ada juga body care dan skincare. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya