Ngemil Keripik Bisa Timbulkan Kantung Mata? Ini Kata Dokter

Ilustrasi keripik.
Sumber :
  • Pixabay/msqrd2

VIVA Lifestyle – Mengonsumsi makanan gurih dan asin nampaknya sudah menjadi kegemaran masyarakat Indonesia, namun kenikmatan tersebut dapat berimbas pada kesehatan. Selain kondisi tubuh, rupanya makanan asin gurih itu bisa membuat kulit sekitar mata mengalami penuaan dini.

Prabowo Acungi Jempol Cicipi Produk Buatan Pengusaha UMKM MDS Coop

Dokter Spesialis Kulit, Dr Arini Astasari Widodo, SpKK, dalam peluncuran L'Oréal Paris Triple Roller Eye Serum, menuturkan bahwa kantung mata bisa terjadi lantaran ada dua kemungkinan yakni timbunan lemak atau cairan. Bagaimana cara membedakannya? Scroll untuk tahu jawabannya.

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Blissoma
Gaya Cipung Ngemil Jadi Sorotan, Ajak Ameena Santap Brownies Crispy

"Kalau mata melirik ke atas, (bagian bawah) makin jendol, itu (akibat) fat (lemak). Kalau lihat ke atas, (jendolnya) sama aja, kemungkinan itu cairan atau puppy eyes," terang, di Jakarta, Rabu 14 September 2022.

Ada pun kantung mata akibat cairan, nampak lebih diffuse dan kebiruan. Tak hanya itu, kantung nata akan nampak makin memburuk di pagi hari sehingga terlihat membengkak dan mata lebih kecil serta tak segar.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Bawa Keripik Tempe Go International Raih Kontrak Dari Singapura

"Bisa terjadi saat habis makan asin-asin, nyemil keripik mungkin saat malam," katanya.

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Dokter Arini menekankan bahwa kantung mata dapat disebabkan berbagai faktor. Tak terkecuali pada jenis makanan yang dikonsumsi seperti rasa yang gurih dengan kandungan garam tinggi.

"Makan terlalu banyak makanan tinggi garam juga dapat menyebabkan retensi air yang membuat area bawah mata tampak bengkak," tuturnya. 

Maka dari itu, dokter Arini menganjurkan agar kita mengonsumsi makanan yang baik bagi kulit sehingga baik pula untuk mata. Paling utama adalah menghindari makanan tinggi gula lantaran bisa merusak kolagen dengan cepat.

Ilustrasi kebiasaan ngemil.

Photo :
  • U-Report

"Makanan manis karena namanya gula dapat merusak kolagen cepat. Berikatan dengan kolagen kita membentuk produk yang merusak kolagen," terangnya.

Perhatikan pula makanan yang diolah dengan minyak panas dan banyak atau deep fried karena dapat merusak nutrisi dari makanan. Hal tersebut pada akhirnya berdampak pada regenerasi kulit yang bisa memicu kulit kusam hingga terjadi penuaan dini.

"Bayem bagus tapi kalau makan peyek bayem apakah masih ada sisa nutrisinya? Kadang makannya deep fried. Perhatikan pola makan. Kulit kan regenerasi, ada kulit lama dan baru. Normalnya terjadi 28 hari. Kita mesti cukupi asupan untuk kulit," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya