5 Gaya Padu Padan Batik untuk Sambut Hari Batik Nasional

Padu padan rok cubit batik
Sumber :
  • YouTube Citraamr

VIVA Lifestyle – Mungkin kebanyakan orang memakai batik untuk ke acara yang formal seperti kondangan, acara sekolah, rapat kerja dan yang lainnya. Namun, ternyata batik tak hanya bisa dikenakan saat acara formal saja. Dalam sehari-hari pun batik tetap bisa dipakai dengan memadupadankannya dengan pakaian casual lainnya. 

Batik Aromaterapi Asal Madura Tembus Pasar AS hingga Jepang

Sebentar lagi, Indonesia juga akan menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober mendatang. Biasanya akan banyak acara-acara yang mengusung tema serba mengenakan batik. Maka dari itu, pada kali ini akan diberikan beberapa inspirasi padu padan batik untuk formal, semi formal dan casual. 

Inspirasi padu padan batik ini terinspirasi dari look yang dibuat oleh Citra M R, seorang YouTuber yang antusias terhadap fashion dan style. Apa saja padu padan batik yang bisa dipakai untuk menyambut Hari Batik Nasional? Yuk scroll ke bawah!

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

1. Vest Batik

Padu padan batik dengen vest

Photo :
  • YouTube Citraamr
Terpopuler: Kisah Mualaf Pria Pasca Operasi Otak, Jadwal Imsakiyah Hingga Ucapan Idul Fitri

Kamu bisa padu padankan rompi atau yang biasa juga disebut sebagai vest yang bermotif batik dengan kemeja open collar berwarna putih. Warna putih dipilih agar lebih netral, kemudian kenakan juga celana kulot dengan warna senada. Jika kamu berhijab bisa gunakan hijab yang warnanya masih senada dengan vest yang kamu pakai. 

Jika kamu ingin membuat penampilan menjadi lebih casual, kamu bisa menggunakan sepatu sneakers yang berwarna putih pula dan juga tambahkan tas gemblok serut. Padu padan style batik ini sangat cocok untuk dipakai sehari-harinya seperti ke kampus atau bahkan hangout bersama teman-teman.

2. Tunik Batik

Padu padan tunik batik

Photo :
  • YouTube Citraamr

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan tunik batik dengan motif dan jenis bahan apa saja yang dipadu padankan dengan rok berwarna putih. Pilihlah rok yang bahannya jatuh agar tidak menggembung di bagian atas. 

Agar penampilan lebih cantik, bisa tambahkan ikat pinggang tali di bagian pinggang untuk membuat kesan bentuk tubuh kita. Pakai juga sepatu sneakers dan totebag rajut (jika ada) agar penampilan terlihat lebih santai. Padu padan batik tunik ini dapat terlihat feminim, namun tetap luwes.

3. Rok Cubit Batik

Padu padan rok cubit batik

Photo :
  • YouTube Citraamr

Padu padan selanjutnya mengenakan rok cubit motif batik wash dengan kemeja berbahan chiffon. Dalam look di atas mengenakan kemeja polos berwarna soft untuk mengimbangi bagian bawah yang sudah bervolume dan bermotif. 

Agar penampilan menjadi terlihat lebih santai, lagi-lagi kamu bisa menggunakan sepatu  sneakers yang ditambah juga dengan tas sling bag. Look ini sangat cocok untuk acara kampus atau lainnya yang bertemakan batik. 

4. Rok Batik Lilit

Padu padan rok lilit batik

Photo :
  • YouTube Citraamr

Padu padan berikutnya menggunakan rok batik lilit yang terdapat tali di bagian pinggang dengan atasan polos berwarna hitam. Bagian depan atasan hitamnya bisa dimasukkan ke dalam untuk menonjolkan rok batik lilitnya. 

Jika ingin penampilan yang casual, kamu bisa menggunakan sepatu sneakers putih dan tas sling bag yang berwarna hitam. Atau jika ingin terkesan lebih rapi dan sopan, bisa menggunakan sepatu flatshoes. Look dengan rok batik lilit ini cocok digunakan baik saat acara formal maupun semi formal. 

5. Kimono Batik

Padu padan kimono batik

Photo :
  • YouTube Citraamr

Look yang kelima ini menggunakan kimono batik yang bisa kamu style menjadi blouse maupun outer. Kamu bisa padu padankan kimono batik dengan kaos polos berwarna putih dan celana kulot yang berwarna senada. Jika kamu berhijab, bisa pakai hijab yang warnanya masih senada dengan outer yang kamu pakai. 

Untuk melengkapi look, kamu bisa menggunakan sneakers putih dan tas sling bag berwarna cokelat muda yang masuk dengan warna outer, kaos dan kulot. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya