Tips Padu Padan Batik Biar Terlihat Modis dan Keren

Ilustrasi pemakaian batik.
Sumber :
  • ImageDynamics

VIVA Lifestyle – Batik kini telah menjadi salah satu fesyen item yang kekinian. Bukan lagi menjadi sebuah pakaian yang hanya bisa digunakan pada acara-acara formal saja. Batik pun kini bisa digunakan dalam berbagai acara santai.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Tidak sedikit dari kita melakukan padu padan (mix and match) agar kesan formal dari batik tersebut begitu kental. Namun, ternyata dalam melakukan padu padannya itu pun haruslah tepat. Lantas bagaimana mix and match agar tetap keren dengan menggunakan batik? Berikut ini tipsnya.

Batik Tulis Nitik dipamerkan di Expo 2020 Dubai

Photo :
  • Kemenkumham
Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

1. Pahami batik

Kenali dan pahami motif batik sebab, motif batik itu memiliki maknanya tersendiri. Misalnya untuk motif parang sendiri tidak boleh dipakai di keraton karena motif itu hanya boleh dipakai oleh raja saja. Selain itu, motif parang ini juga tidak boleh digunakan saat menghadiri pernikahan.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Hal ini  sebetulnya lantaran batik adalah doa, seni sakral yang awalnya digunakan untuk mensyiarkan anak-anak di kerajaan bisa komunikasi di luar kerajaan.

Desainer Amerika pamer koleksi busana muslim batik.

Photo :
  • Istimewa

2.Tampilan aman

Menggunakan batik dengan bawahan seperti rok atau celana berwarna hitam akan terlihat aman.

3. Kasual dengan denim

Batik banyak yang terbuat dari bahan katun yang cocok dipadukan dengan jeans. Cara pakai atasan batik dengan dikeluarkan, jangan dimasukin. Model jeans juga harus dilihat lagi. Hindari potongan baggy atau yang robek-robek. Ruth memberi saran lebih lanjut, pada hakikatnya batik bersifat formal, jika ingin dibuat look casual sebaiknya pilih jeans berwarna navy blue.

Berbicara mengenai batik, dalam rangka memperingati hari Batik Nasional 2022, Grand Metropolitan Bekasi mempersembahkan kegiatan bertema 'Pesona Batik Nusantara' yang digelar mulai dari tanggal 1 hingga 9 Oktober 2022. Acara ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang mengenalkan beragam batik Nusantara sekaligus upaya untuk mendekatkan kreasi batik Nusantara pada destinasi hiburan sehari-hari (mal), sehingga edukasi akan penting dan berharganya nilai-nilai karya Nusantara dapat tercapai.

Acara ini diketahui menampilkan fashion show dari sejumlah perancang busana ternama Indonesia seperti Poppy Dharsono, Defrico Audy, Sonny Muchlison, Dana Duriatna, Yoyok Prasetyo, Jeni Tjahyawati, Nina Nugroho dan sejumlah perancang busana lainnya. Selain itu, ada juga pameran koleksi batik Nusantara dari sejumlah perancang busana ternama seperti Dian Pelangi, Koleksi Batik Bekasi, Batik Pulasaran, Ethnic KJ Batik, Vio Vibes, Indadari Batik, Batik Sakera, hingga Batik Trusmi.

"Acara ini sebagai sarana masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar batik dan kerajinan, yang dapat memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung. Para pelaku industri batik juga memiliki sarana untuk bisa mengembangkan ide kreasi dan inovasi sehingga menghasilkan produk eksklusif dan bernilai jual tinggi," jelas Direktur PT Metropolitan Land tbk, Santoso dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya