Sering Dikeluhkan di Wajah, Dark Spot Juga Bisa Muncul di Badan

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle – Dark spot menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dialami orang di segala usia. Meski tak membahayakan dan menimbulkan rasa sakit, tapi masalah kulit ini bisa mengurangi percaya diri.

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Menurut dr. Imelda Pardede, M.Gizi, SpKK, ada banyak tipe dark spot, misalnya ada yang bentuknya seperti tahi lalat, kecil dan banyak pada satu sisi wajah atau dark spot yang muncul akibat gigitan nyamuk maupun bekas jerawat.

“Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya dark spot pada kulit tubuh, beberapa diantaranya seperti produksi melanin yang berlebihan dan tidak merata seiring dengan bertambahnya usia, paparan sinar matahari, serta ketidakseimbangan hormon yang umumnya terjadi pada ibu hamil ataupun saat seseorang dalam keadaan stres," dokter Imelda saat peluncuran NIVEA Super 10 Vitamin Body Serum di Kota Kasablanka belum lama ini.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

Dokter Imelda menambahkan, tipe kulit orang Asia adalah yang paling banyak ditemukan dark spot. Salah satunya adalah dark spot yang disebabkan post inflamatory hyperpigmentation atau bekas hitam bekas gigitan nyamuk.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Dark spot umumnya banyak dikeluhkan di wajah karena area tersebut yang paling mudah dilihat. Tapi, dark spot pun bisa muncul di bagian tubuh lain seperti punggung, kaki atau tangan.

Salah satu pemicu dark spot adalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti asupan makanan yang tidak sehat. Dokter Imelda mengatakan bahwa apapun yang terjadi pada tubuh ada faktor utama dan faktor yang mendukung itu terjadi.

"Misalnya abis jerawat, sembuh, ada proses dalam kesembuhan itu muncul bercak kehitaman yang sebenarnya akan pulih. Proses pemulihan ini dipengaruhi oleh kadar vitamin, antioksidan dalam tubuh," jelasnya.

Superfruit seperti Alpukat, Lemon, Goji Berry serta Pomegranate atau Delima merupakan bahan-bahan yang telah teruji klinis kaya akan antioksidan sumber nutrisi bagi kulit. Buah-buahan ini juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi body dark spot. Menurut dokter Imelda, selain dapat dikonsumsi, kita juga dapat memilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan ini untuk mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan body dark spot.

Ilustrasi perawatan kulit.

Photo :
  • U-Report

“Selain mengatasi, langkah pencegahan juga penting untuk dilakukan. Karena body dark spot membutuhkan waktu untuk muncul di permukaan kulit, maka tidak terlihat bukan berarti tidak ada. Oleh karena itu, mari mulai merawat kesehatan kulit kita sedini mungkin agar dapat dicegah. Selain mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta berolahraga, gunakan juga skincare yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya produk yang mengandung bahan-bahan seperti Niacinamide, Vitamin C dan E yang baik untuk kulit,” kata dokter Imelda.

Selain itu, dokter Imelda menambahkan, penyebab utama dark spot adalah sinar matahari, jadi harus menggunakan sun protection.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya