Dipakai Ferdy Sambo di Sidang Perdana, Ini Makna Baju Batik

Sidang Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Lifestyle – Terdakwa Ferdy Sambo atas kasus penembakan Brigadir J menjadi sorotan, termasuk dengan sidang perdananya yang digelar hari ini, Senin 17 Oktober 2022. Di momen ini, suami Putri Chandrawati itu nampak memakai borgol dan rompi tahanan. Selain itu, yang cukup disorot adalah pakaian batik yang dikenakannya.

Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

Dengan baju batik bercorak cokelat dan hitam serta lengan panjang, Ferdy Sambo nampak datang di pengadilan negeri Jakarta Selatan. Lantas, apa makna memakai batik sendiri? Scroll untuk mengetahui maknanya.

Dikutip dari laman Alona Batik, bagi masyarakat Indonesia (terutama Jawa), batik telah menjadi semacam way of life, sebab batik telah menjadi identitas suatu masyarakat yang mempunyai nilai estetika dan filosofi yang sangat tinggi. Bahkan, batik merupakan ekspresi budaya yang berisi idealisme dan spiritualitas dalam bentuk makna-makna simbolik. 

Jaksa KPK Berencana Hadirkan Ahmad Sahroni di Sidang Kasus Korupsi SYL

Batik sebagai Karya Seni atau Kebudayaan
Batik merupakan karya seni atau kebudayaan yang banyak berisikan gambar ornamen tertentu pada kain putih yang dikerjakan dengan teknik wax-resist dyeing. Seni batik banyak kita jumpai desain dengan corak dan motif yang mengungkapkan sebuah ekspresi penciptanya.

Sidang Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Hakim MK Sindir KPU: Kadang Rajin, Kadang Enggak

Batik sebagai Idealisme
Membatik membutuhkan totalitas, ketekunan, dan konsentrasi selama pengerjaannya. Saat membatik dibutuhkan suasana penuh keheningan agar pelukis batik mampu menyatukan rasa dan karsa pada karyanya. Karya seni batik yang dikerjakan dengan proses itu akan mengekspresikan idealisme pembuatnya.

Batik sebagai Identitas
Ide awal agar batik menjadi identitas bangsa Indonesia dipelopori oleh presiden pertama RI, Ir.Soekarno pada tahun 1950. Beliau menginginkan agar batik mampu menampilkan nilai seni budaya sebagai jati diri bangsa, sekaligus sebagai simbol persatuan dan kesatuan Indonesia. Diharapkan batik menjadi identitas budaya bangsa Indonesia yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita.

Batik sebagai Simbol Harapan
Batik bukan hanya ekspresi seni atau budaya semata, melainkan juga mencerminkan makna simbolis akan suatu harapan atau cita-cita. Motif batik Sido Mukti misalnya, berisi sandi yang berarti harapan untuk terus-menerus menjadi mukti, yaitu hidup dalam kecukupan dan kebahagiaan. Motif batik ini melambangkan harapan akan masa depan yang baik dan penuh kebahagiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya