Jangan Langsung Dibuang, Daur Ulang Kemasan Fashion Jadi Barang Bermanfaat

Daur ulang kemasan fashion.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Menandai tahun ke-10 kehadirannya dalam kancah fashion tanah air, THENBLANK meluncurkan kampanye #jadilebihbaik, berupa ajakan untuk melakukan langkah-langkah kecil namun nyata dalam gaya hidup lebih bersahabat dengan bumi. Di antaranya, mendaur ulang kemasan dan meminimalisir penggunaan plastik.  Kampanye bertajuk REBLANK ini menggandeng sosok seniman muda inspiratif Isyana Sarasvati, Ayudia, dan Rendy Pandugo.

8 Bintang Indonesia Bicara Arti Eksekutif, Antara Gaya Hidup dan Makna Mendalam

“Merayakan ulang tahun ke-10, THENBLANK ingin mengajak kustomer untuk mulai melakukan hal-hal sederhana tapi bermanfaat bagi lingkungan. Contohnya, meminimalisir penggunaan plastik hinga mengembalikan kembali packaging atau mendaur ulang kemasan tersebut. Campaign ini kami namakan REBLANK yang mengacu pada makna kembali bersih,” papar Mutiara Kamila Athiyya, Managing Director THENBLANK, dalam konferensi pers di Kaum Restoran, Jakarta, Kamis 20 Oktober 2021.

Sejalan dengan ajakan itu, THENBLANK juga menyiapkan dropbox recycle di seluruh store sehingga kustomer dapat mengembalikan kemasan produk berupa paperbag dan kardus untuk nantinya diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat.

Nycta Gina Hingga Inara Rusli, Libur Lebaran Ada Bazar Artis!

Daur ulang kemasan fashion.

Photo :
  • Istimewa

“Selama 10 tahun berkarya dalam industri fashion, lebih dari 500 ribu packaging THENBLANK telah terkirim kepada para penyuka kreasi kami di berbagai penjuru tanah air. Melalui campaign REBLANK, kami berharap dapat membangkitkan gerakan baik agar kemasan produk fashion tidak hanya menjadi sampah, melainkan dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang dapat kita gunakan kembali,” tutur Mutiara lebih lanjut. 

Buttonscarves: Dari Lokal Menjadi Global, 8 Tahun Menginspirasi Wanita Indonesia

Pengolahan kemasan tersebut, ujar Mutiara, akan digawangi oleh pegiat kreasi kardus dan produk daur ulang DUSDUKDUK. Selain itu, tak bergerak sendirian dalam menyuarakan ajakannya, THENBLANK juga berkolaborasi dengan sosok-sosok inspiratif seperti Isyana Sarasvati Ayudia, dan Rendy Pandugo sebagai muses, sehingga diharapkan dapat merangkul lebih banyak individu untuk #jadilebihbaik dalam bersahabat dengan bumi.

Acara launching campaign REBLANK itu sendiri sarat dengan gerakan kecil untuk mengurangi sampah. Di antaranya, bahwa semua dekorasi termasuk instalasi seni DUSDUKDUK yang digunakan dalam event tidak akan dibuang begitu saja, melainkan dimanfaatkan kembali di store THENBLANK. Selain itu, tamu undangan juga dapat membawa sampah kertas untuk dimasukkan ke kotak daur ulang (dropbox) yang tersedia, ditukarkan dengan seed paper, dan menanamnya bersama di acara, untuk kemudian tanaman tersebut dapat dibawa pulang.

Dalam event yang mendapatkan dukungan penuh serta dihadiri perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini juga dilakukan pemutaran video perjalanan 10 tahun THENBLANK dan para muse yang terlibat. THENBLANK juga memperkenalkan koleksi terbarunya dalam acara ini, serta menggelar talkshow tentang waste management. 

Menyoroti 10 tahun perjalanan THENBLANK, Mutiara menyampaikan rasa syukur serta apresiasi atas setiap dukungan yang diberikan berbagai pihak.

Ia menjelaskan, selain berusaha menjawab kebutuhan akan busana dengan konsep local, timeless, and minimalist, THENBLANK juga selalu ingin mendorong gerakan-gerakan baik di tengah masyarakat. Sebagai contohnya adalah program inspiratif mendukung UMKM fashion dapat naik kelas yang telah dilakukan sebelumnya. 

Isyana Sarasvati luncurkan koleksi busana spesial.

Photo :
  • Istimewa

Sejalan dengan itu, menandai usia ke-10 ini, tutur Mutiara, THENBLANK menggarisbawahi tekad menjadi lebih baik tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga menularkan ajakan #jadilebihbaik kepada khalayak luas. 

“Salah satunya, dengan lebih aktif mengerjakan sesuatu untuk lingkungan. Bersama-sama kita lakukan langkah kecil untuk daur ulang kemasan ini sehingga dapat mengurangi sampah. Satu langkah kecil sekalipun, bila dilakukan oleh ratusan ribu orang, semoga dapat menjadi gerakan yang besar manfaatnya. Yuk, daur ulang kemasan THENBLANK melalui dropbox di store kami,” tandas Mutiara.

Ajakan senada dilontarkan Isyana Sarasvati yang berlaku sebagai salah satu kolabolator campaign REBLANK. “Seneng banget, walaupun antar industri aku bisa kolaborasi di campaign recycle kemasan ini sama THENBLANK, konsep seperti ini harus kita dukung bareng, mudah-mudahan banyak orang ikut tergerak untuk join, selamat anniversary ke-10 THENBLANK” harapnya.  

Sedangkan Muhammad Arif Susanto, mewakili jenama produk kreatif ramah lingkungan DUSDUKDUK mengatakan berbesar hati terlibat dalam gerakan ini. “Kami sangat mengapresiasi adanya kolaborasi antar para pelaku industri kreatif agar produk dan proses yang menyertainya semakin ramah lingkungan. Semoga makin banyak yang menyadari bahwa kemasan tidak harus jadi sampah tapi bisa diolah jadi produk bernilai plus. Happy 10th anniversary, THENBLANK. Semoga selalu berusaha untuk #jadilebihbaik!” ujar Arif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya