Cerita Rakyat Dibalut Apik Lewat Koleksi Modest Fashion di JMFW

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW).
Sumber :
  • Ist.

VIVA Lifestyle – Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) kembali digelar. Tahun 2022 ini, JMFW diselenggarakan di ICE BSD Tangerang. Berbagai label modest wear dari desainer kenamaan saling pamer karya di ajang bergengsi tersebut. 

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Salah satu yang turut ambil bagian di gelaran JMFW adalah PT Daliatex Kusuma. Menggandeng Klamby, Deenay, Restu Anggraini, dan Kami, mereka menampilkan koleksi bertajuk Karya Cinta Untuk Bangsa, sebuah kolaborasi yang menggabungkan karya-karya anak bangsa guna mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Scroll untuk cerita lengkapnya.

Desainer Restu Anggraini menceritakan, koleksi-koleksi yang ditampilkan kali ini diadaptasi oleh cerita rakyat berasal dari Sumatera Barat. Kolaborasi ini menampilkan busana wanita yang terinspirasi dari kisah rakyat Indonesia.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

"Koleksi kali ini berjudul SABAI yang diadaptasi oleh cerita rakyat berasal dari Sumatera Barat. Terinspirasi dari sosok Sabai Nan Aluih, seorang puteri yang lembut, berbudi pekerti luhur serta memiliki kecantikan yang memancarkan aura wanita yang kuat," ujar Restu Anggraini, dalam keterangannya, Jumat 21 Oktober 2022. 

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Sentuhan feminin yang hangat serta kelembutan look pada koleksi ini, tersiratkan pada desain busana berlapis atau layering yang menggunakan material satin, sifon, dan poly-linen bersiluet A-Line dan flowy. 

"Motif floral menampilkan warna-warna pastel menggunakan teknik aplikasi hand painting pada setiap helai kelopaknya. Hand painting ini tidak hanya diterapkan pada permukaan material bermotif untuk menambahkan efek timbul dan shiny, juga pada lapisan-lapisan kelopak bunga sehingga memperlembut dan memperkaya look secara keseluruhan," ungkapnya.

Pilihan busana yang istimewa dengan sentuhan motif modern dan warna playful juga ditampilkan melalui koleksi Spring/Summer 2023 bertemakan “The Tudor Rose” dari Klamby. Nama koleksi ini diambil dari bunga favorit dari Ratu Elizabeth I. Di sisi lain, Tudor Rose juga merupakan bunga Nasional Inggris dalam sejarah War of the Roses.

Selain itu, Deeny dan Kami juga menampilkan karya-karya yang apik menggunakan prodak Daliatex Kusuma. Devina Unjoto, Marketing Executive PT Daliatex Kusuma, mengungkapkan menduniakan modest fashion Indonesia merupakan cita-cita yang harus diraih bersama.

"Kami yakin, kombinasi tersebut akan menjadikan Daliatex dan para customer-nya sebagai trend leader di industri fesyen bukan sekadar menjadi follower,” kata Devina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya