Produk Dove Hingga TRESemme Ditarik, Unilever: Bukan Sampo Cair

Logo Unilever.
Logo Unilever.
Sumber :
  • Unilever.co.uk

VIVA Lifestyle – Sejumlah produk keluaran Unilever ditarik dari pasar AS dan Kanada, karena mengandung benzena, bahan kimia yang dapat memicu kanker. Produk yang dimaksud berjenis dry shampoo atau sampo kering.

Sementara beberapa brand yang akhirnya ditarik secara sukarela oleh Unilever Kanada dan AS itu antara lain, Dove, TRESemme, Nexxus, Suave dan TIGI (Rockaholic and Bed Head), yang diproduksi sebelum Oktober 2021. Scroll untuk info selengkapnya.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa dry shampoo atau sampo kering sama dengan sampo cair. Padahal, keduanya adalah jenis yang berbeda. Oleh karena itu, pihak Unilever turut memberikan klarifikasinya. 

Head of Communication PT Unilever Indonesia Tbk., Kristy Nelwan, turut menekankan spesifikasi dari dry shampoo yang berbeda dengan sampo cair. 

Ilustrasi keramas.

Ilustrasi keramas.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Unilever A.S. dan Kanada secara sukarela menarik kode lot produksi spesifik dari dry shampoo, bukan sampo cair, yang diproduksi sebelum Oktober 2021 sebagai upaya kehati-hatian setelah penyelidikan internal mengidentifikasi adanya peningkatan kadar benzena," ujar Kristy dalam keterangannya, dikutip VIVA, Kamis 27 Oktober 2022.

Namun Kristy mengklaim, berdasarkan hasil evaluasi dampak kesehatan yang dilakukan secara independen menyimpulkan bahwa kadar benzena yang terdeteksi tidak menimbulkan risiko kesehatan. Mereka pun menegaskan bahwa pihaknya tidak menggunakan benzena sebagai bahan baku. 

Halaman Selanjutnya
img_title