8 Cara Menumbuhkan Bulu Mata Secara Alami dan Tidak Berbahaya

Ilustrasi alis atau bulu mata
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Cara menumbuhkan bulu mata saat ini tengah banyak dicari, terutama bagi kaum perempuan. Bahkan, mereka rela melakukan extension bulu mata hanya untuk menunjang penampilan mempunyai bulu mata yang panjang. Alasannya, mayoritas dari mereka sangat menginginkan bulu mata yang lentik, indah, serta terkesan alami. 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Mempunyai bulu mata yang panjang memang sudah menjadi impian hampir untuk semua wanita. Sekilas, bulu mata palsu memang tidak berbahaya, tapi dalam bidang kesehatan mengatakan bahwa bulu mata palsu sangat tidak baik digunakan. Bahkan, dokter mengatakan, ekstensi bulu mata bisa menimbulkan kesehatan serius, seperti alergi dan infeksi. 

Solusinya adalah dengan cara menumbuhkan bulu mata dalam kurun waktu yang cepat. Mempercantik diri memang tak ada salahnya, tapi bijak dalam memilih hal-hal yang dipakai untuk menunjang kecantikan itu sangat penting. Sebab itu, berikut adalah ulasan mengenai cara menumbuhkan bulu mata yang dirangkum dari laman Stylecraze. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

1. Minyak Jarak

Minyak jarak.

Photo :
  • http://noniq.blogspot.com/
7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Asam risinoleat adalah komponen utama minyak jarak dan membentuk sekitar 90% darinya. Asam ini telah menunjukkan potensi dalam membantu rambut rontok. Karenanya, ini juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga ketebalan bulu mata. Namun, kasus klinis dapat menyebabkan rambut kusut dan kekeringan ekstrim. Sebab itu, konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Cara menggunakan, kamu membutuhkan 1 sendok teh minyak jarak dingin dan beberapa kapas. Sebelum mengoleskan minyak jarak, bersihkan bulu mata secara menyeluruh dengan air dan keringkan. Celupkan kapas ke dalam minyak jarak dan oleskan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah. Hindari minyak masuk ke mata dan diamkan minyak semalaman. 

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Photo :
  • U-Report

Minyak kelapa digunakan untuk perawatan rambut karena efek penetrasinya, yang membantu mencegah hilangnya protein rambut. Karena itu, ini juga bisa dipakai untuk merawat bulu mata yang menipis dan rusak serta membantu pertumbuhannya kembali. Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya karena dapat meninggalkan lapisan minyak pada bulu mata.

Cara pemakaian, kamu memerlukan 1 sendok teh minyak kelapa dan seikat kapas. Sebelum mengoleskan minyak, bersihkan bulu mata dengan sabun lembut dan air. Celupkan kapas ke dalam minyak kelapa dan oleskan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah. Hindari minyak masuk ke mata dan biarkan minyak semalaman. Bilaslah keesokan paginya.

3. Vitamin E

Sumber vitamin E

Photo :
  • Times of India

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang menyebabkan peningkatan kerontokan rambut. Ini juga mengandung senyawa tokotrienol yang dapat membantu meningkatkan jumlah helai rambut. Oleh karena itu, ini dapat berkontribusi pada bulu mata yang lebih panjang.

Cara menggunakan Vitamin E pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskannya ke bulu mata. Bahkan aman untuk dikonsumsi sebagai suplemen oral. Tetapi sebelum mengambil suplemen, bicarakan dengan dokter untuk dosis yang tepat.

4. Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Teh hijau adalah sumber kaya polifenol yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, ini juga dapat membantu dalam membantu pertumbuhan bulu mata. Cara pemakaiannya juga cukup mudah, hanya membutuhkan 1 sendok teh daun teh hijau dan 1 cangkir air panas. 

Campur kedua bahan dan curam selama 5-10 menit. Saring cairannya dan minum selagi hangat. Kamu juga dapat mendinginkan teh dan mengoleskannya secara topikal ke garis bulu mata atas dan bawah menggunakan kapas. Minum teh dua kali sehari dan gunakan secara topikal sekali sehari.

5. Pijat

Berbahaya, 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Dipijat Sembarangan

Photo :
  • vstory

Pijat membantu meningkatkan sirkulasi. Memijat kulit kepala kamu secara teratur, baik dengan atau tanpa minyak, dapat meningkatkan panjang dan ketebalan rambut. Memijat kelopak mata kamu dengan lembut dapat membantu kamu mendapatkan hasil yang serupa.

6. Minyak Kulit Lemon

Kulit lemon.

Photo :
  • U-Report

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Parasitology Research, ditemukan bahwa minyak lemon dapat membantu dalam pengobatan tungau bulu mata dan mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Namun, penelitian ini dilakukan pada kelinci. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menetapkan efek yang sama pada manusia.

Cara pemakaian, kamu membutuhkan kulit dari 1-2 lemon, kelapa atau minyak zaitun, dan kapas. Masukkan kulit lemon ke dalam stoples kecil dan tambahkan beberapa sendok makan minyak zaitun atau kelapa ke dalamnya. Tekan kulitnya ke stoples menggunakan sendok untuk mendapatkan minyak dari kulitnya. 

Biarkan campuran untuk duduk semalaman. Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan ke garis bulu mata atas dan bawah, hindari mata. Biarkan selama beberapa jam dan bilas.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang disebut oleuropein. Dalam sebuah penelitian pada tikus, oleuropein ditemukan meningkatkan pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, minyak ini dapat berkontribusi pada bulu mata yang lebih panjang.

Cara pemakaian minyak zaitun adalah dengan 3-4 tetes minyak zaitun dan 1-2 kapas. Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada bola kapas dan oleskan pada bulu mata atas dan bawah. Biarkan minyak selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

8. Suplemen Biotin

Ilustrasi Bulu Mata

Photo :
  • Cillia

Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut di kulit kepala, alis, dan bulu mata. Menelan suplemen biotin dapat membantu memperbaiki kondisi ini. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk dosis suplemen biotin yang benar.

Kombinasi dari pengobatan ini dapat membantu dalam mengelola bulu mata kamu yang menipis. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan penipisan bulu mata Anda.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024