Ini 4 Penyebab Munculnya Flek Hitam pada Wajah Harus Kamu Tahu

Flek Hitam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Salah satu permasalahan kulit yang sering terjadi adalah flek hitam. Flek hitam dapat muncul di bagian tubuh seperti lengan, bahu, dan juga wajah. Flek hitam di wajah muncul dalam bentuk bintik-bintik berwarna hitam. Kondisi ini sejatinya normal dan dapat terjadi pada semua orang.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Namun, bagi sebagian orang munculnya flek hitam di wajah mengganggu penampilan. Flek hitam biasanya terjadi karena produksi pigmen alami kulit (melanin) secara berlebih. Lalu, apa penyebab munculnya flek hitam?

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

1. Paparan Sinar Matahari

Jika kamu sering terkena sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya, sinar ultraviolet yang diserap oleh kulit wajah dapat menjadi penyebab munculnya flek hitam. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit memproduksi lebih banyak melanin, sehingga menimbulkan flek hitam.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

2. Faktor Genetik

Salah satu penyebab munculnya flek hitam yang cukup kuat adalah faktor keturunan atau genetik. Orang yang memiliki keturunan kulit cerah dan rambut berwarna merah biasanya cukup sering mengalami kondisi flek hitam.

3. Faktor Usia

Flek hitam yang muncul karena faktor usia biasa dikenal juga dengan sebutan age spots. Gejala age spots sama dengan flek hitam, yaitu umumnya muncul di bagian kulit yang sering terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, gejala lainnya adalah bentuknya seperti oval dan berwarna hitam atau cokelat tua.

Age spots sangat umum ditemui pada pasien berusia di atas 40 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan pasien dengan usia yang lebih muda juga bisa terkena age spots.

4. Masalah Kulit Tertentu

Flek hitam juga dapat muncul ketika kulit wajah mengalami masalah atau kondisi tertentu. Yang paling umum adalah hiperpigmentasi pasca-inflamasi, yaitu perubahan warna kulit setelah terkena gangguan seperti jerawat atau ruam.

Rekomendasi Produk Memudarkan Flek Hitam

Untuk menghilangkan flek hitam, Sobat Shopee perlu melakukan perawatan ke klinik kecantikan ataupun menggunakan skincare. Beberapa skincare dirancang sebagai skincare untuk menghilangkan flek hitam. Berikut rekomendasi skincare untuk menghilangkan flek hitam dari Shopee:

1. Garnier Bright Complete Vitamin C 30x Booster Serum

Skincare ini mengandung vitamin C dari buah lemon yuzu Jepang yang dibutuhkan oleh kulit kamu, Sobat Shopee. Jika kamu menyukai serum dan krim yang memiliki tekstur yang ringan serta memberikan sensasi menyegarkan, kamu bisa memilih skincare dari Garnier ini. Dengan pemakaian yang rutin, skincare dapat membantu kulit wajah kamu tampak lebih cerah dan menyamarkan flek hitam.

2. Lacoco Dark Spot Essence

Sesuai namanya, skincare ini efektif untuk mengurangi flek hitam di wajah dan juga dapat menjaga kecerahan kulit. Selain itu, Lacoco Dark Spot Essence juga dapat mencegah penuaan dini. Lacoco Dark Spot Essence mengandung kandungan buah mulberry dan licorice yang memiliki antioksidan tinggi serta pencerah wajah alami.

3. For Skin’s Sake Retinol Serum

Untuk Sobat Shopee yang ingin menghilangkan flek hitam karena faktor usia, skincare ini dapat dipilih untuk merawat wajah kamu. Skincare ini mengandung retinol 0.1%, vitamin E, jojoba oil, dan hyaluronic acid yang dapat menjaga kecerahan kulit kamu serta menjaga kulit dari munculnya flek hitam.

4. Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

Skincare ini tidak hanya dapat menyamarkan flek hitam pada wajah, namun juga bisa membantu kulit tampak lebih cerah, menyembuhkan luka, anti aging, serta menghaluskan kulit wajah. Terdapat dua varian yang terdiri dari Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum yang cocok untuk Sobat Shopee yang baru ingin mencoba produk ini ataupun bagi kamu yang memiliki kulit dengan toleransi rendah terhadap bahan aktif. Ada juga Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum untuk Sobat Shopee yang membutuhkan bahan aktif lebih tinggi.

5. AXIS-Y Dark Spot Correcting Glow Serum

Berfungsi untuk menyamarkan dan menghindari flek hitam serta memperbaiki warna kulit wajah yang kurang merata. Selain itu, skincare ini juga dapat menjaga kulit lebih sehat dan bercahaya. Skincare ini mengandung kandungan seperti niacinamide dan plant-derived squalane.

Gabung Shopee Affiliate dan Dapatkan Keuntungannya!

Salah satu produk yang banyak dicari adalah skincare. Agar semakin banyak yang berbelanja skincare di Shopee, kamu bisa membantu mempromosikan produk-produk skincare di Shopee Affiliate dengan menjadi Affiliate!

Bersama Shopee Affiliates, kamu dapat menikmati keuntungan seperti komisi tetap hingga 5%, komisi tambahan dari komisi XTRA, produk gratis sepanjang tahun hingga keuntungan puluhan juta setiap bulan! Jadi Shopee Affiliates dan promosikan produk skincare di media sosial kamu dan nikmati komisinya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya