Minta Maaf Lagi, Balenciaga Kutuk Eksploitasi dan Pelecehan Anak

Ilustrasi Balenciaga
Sumber :
  • People

VIVA Lifestyle – Balenciaga kembali memberikan permohonan maafnya atas kampanye terbaru yang kontroversial bertema BDSM dimodelkan oleh anak-anak. Brand mewah itu bahkan setuju atas kecaman yang diberikan dengan mengutuk eksploitasi dan pelecehan anak.

Waspada Aksi Anak-anak Lempar Batu ke Mobil di Jalan Tol

Brand mewah itu sebelumnya mendapat kecaman karena iklan liburannya yang menampilkan anak-anak memegang boneka beruang berpakaian perbudakan alias BDSM. Brand itu kemudian menghapus semua fotonya di Instagram dan mengunggah satu foto dengan pernyataan yang menjelaskan tindakannya. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

"Kami mengutuk keras pelecehan anak; bukan niat kami untuk memasukkannya ke dalam narasi kami," bunyi pernyataan itu. 

Nekat Melanggar Marka Jalan, Pengendara Motor Kecelakaan di Yogyakarta

"Dua kampanye iklan terpisah yang dipermasalahkan mencerminkan serangkaian kesalahan menyedihkan yang menjadi tanggung jawab Balenciaga," tambahnya dikutip dari laman People.

Balenciaga melanjutkan untuk membahas kampanye dengan tema 'pengumpulan hadiah' pertama mereka, yang menurut mereka menampilkan anak-anak dengan pakaian dan barang berkonsep hewan. Merek tersebut mengatakan bahwa barang-barang tersebut seharusnya tidak ditampilkan bersama anak-anak. Salah satunya, tas beruang mewah yang mengenakan apa yang oleh beberapa orang disebut pakaian yang terinspirasi BDSM.

Instagram Epy Kusnandar Aktif! Istri: Buat Haters, Suami Saya Tidak Pegang HP Sampai Detik Ini

"Ini adalah pilihan yang salah oleh Balenciaga, dikombinasikan dengan kegagalan kami dalam menilai dan memvalidasi gambar. Tanggung jawab untuk ini terletak pada Balenciaga saja," tutur mereka.

Fotografer pemotretan, Gabriele Galimberti, juga mengeluarkan pernyataan di Instagram, mengklaim sebagian bahwa dia tidak berhak dengan cara apa pun untuk memilih produk, model, atau kombinasi dari hal-hal yang sama. Ia mengaku bekerja secara profesional sebagai fotografer tanpa memandang konsep yang ada.

"Sebagai seorang fotografer, saya hanya dan semata-mata diminta untuk menyalakan adegan yang diberikan, dan mengambil bidikan sesuai dengan gaya khas saya," kata dia.

Merek tersebut kemudian membahas kampanye kontroversial kedua untuk Musim Semi 2023, yang menyertakan foto dengan halaman dari keputusan Mahkamah Agung Amerika Serikat. Williams di latar belakang. Putusan itu menganggap promosi pornografi anak ilegal dan tidak dilindungi di bawah kebebasan berbicara.

Balenciaga mengatakan telah percaya bahwa semua barang dalam pemotretan itu adalah dokumen palsu dan menerima konfirmasi tertulis dari pihak ketiga tentang hal ini, tetapi diduga dokumen itu ternyata adalah surat hukum asli. Perusahaan mengajukan gugatan $ 25 juta terhadap perusahaan produksi North Six, Inc., dan mengatur desainer Nicholas Des Jardins, menurut New York Post.

Selain itu, perusahaan mengatakan akan meletakkan dasar dengan organisasi yang berspesialisasi dalam perlindungan anak dan bertujuan untuk mengakhiri eksploitasi dan pelecehan anak.

"Kami ingin belajar dari kesalahan kami dan mengidentifikasi cara kami dapat berkontribusi," kata Balenciaga.

Merek tersebut mengakhiri pernyataannya dengan permintaan maaf lain kepada brand ambassador dan mitranya. Salah satu mitra tersebut termasuk Kim Kardashian, yang mengecam perusahaan tersebut karena kampanye boneka beruangnya yang kontroversial.

"Sebagai ibu dari empat anak, saya terguncang oleh gambar-gambar yang mengganggu," katanya. "Keselamatan anak-anak harus dijunjung tinggi, dan setiap upaya untuk menormalkan pelecehan anak dalam bentuk apa pun seharusnya tidak mendapat tempat di masyarakat kita — Titik."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya