Ciri Rambut Butuh Detox dan Tips Mengatasinya

Ilustrasi rambut/wanita.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle –  Detox diambil dari kata detoksifikasi yang artinya proses pembuangan toksin. Selama ini, yang sering kita dengar, detox seringkali dilakukan untuk tubuh. Namun tahukah kamu, rambut sebagai mahkota juga butuh menjalani detoksifikasi atau detox.

Gandeng Ayushy, Rejoice Rilis Lagu Rambut Hallyu Bukan Halu

Seringkali kita temui, ujung rambut yang kering gara-gara sering di styling, atau sering memakai bahan kimia yang bikin rambut jadi gampang berminyak. Jika kamu mengalami hal tersebut, itu bisa jadi sinyal, rambut kamu butuh detox. 

Untuk menyehatkan kembali mahkota kamu, coba deh detox rambut, karena detox membantu menetralkan bahan kimia sisa styling dan memberikan nutrisi alami dari akar hingga ujung rambut, istirahatkan terlebih dahulu rambut kamu dari paparan kimiawi atau styling dan kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengembalikan keindahan rambut. Yuk simak cara alami detox rambut seperti dikutip laman Times of India berikut ini!

Polri Keluarkan Aturan untuk Rambut Polwan, Mengacu Standar Polisi Dunia

Kopi

Ilustrasi biji Kopi.

Photo :
  • Pexels
Menguncir Rambut Terus-Menerus Bisa Merusak Rambut, Ini 5 Bahayanya

Seperti diketahui, kopi merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk kulit. “Kafein membantu merawat lingkaran hitam dan sering ditemukan di sebagian besar kosmetik impor. Ini juga membantu mengurangi penumpukan darah di bawah mata Anda, yang berkontribusi pada bayangan mata, ” kata ahli kecantikan Nishi Karamchandani asal India. 

Selain itu, mengandung sifat anti-penuaan, yang menunda tanda-tanda penuaan. Pitosterol (sterol dan stanol tumbuhan ramah yang menghalangi penyerapan kolesterol dalam sistem kita) meningkatkan kelembapan dan memberikan perlindungan matahari bebas bahan kimia. Ini juga mengurangi munculnya selulit dan mengencangkan kulit. Satu juga dapat menggunakan biji kopi sebagai scrub untuk wajah dan tubuh.

Tak cuma itu, kopi juga bisa membantu proses detox rambut. Untuk rambut, kopi memiliki sifat antioksidan yang kaya, yang membantu memperbaiki rambut rusak dan mencegah kerusakan. Kopi juga merangsang pertumbuhan rambut dan menebalkannya kembali. Beberapa salon kecantikan bahkan menggunakan kopi bersama dengan bahan lain saat mengaplikasikan henna pada rambut klien. Ini menambah kilau dan kilau pada rambut. Ini juga merupakan antioksidan yang menangkal efek polutan di udara.

Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Eat This

Selain membantu menurunkan berat badan, teh juga melindungi kulit dari kerusakan dan mengaktifkan kembali sel kulit mati. Untuk rambut, teh ini juga dapat digunakan sebagai pembilas rambut, karena tanin dalam teh membantu menambah kilau pada rambut Anda. Rebus kembali daun teh bekas dengan air secukupnya. Setelah mendidih, dinginkan dan saring airnya. Kemudian tambahkan perasan lemon ke dalamnya dan gunakan ini sebagai bilasan terakhir setelah keramas. 

Neha Matang pakar kecantikan dari India berkata, “Teh hijau membantu mengurangi ketombe. Ini juga merangsang pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut. Ini mengandung vitamin C, vitamin E dan panthenol, yang digunakan sebagai bahan umum dalam kondisioner rambut.

Chamomile

Teh chamomile.

Photo :
  • U-Report

Rendam dua kantong teh chamomile dalam dua cangkir air panas selama 5-10 menit. Kemudian tambahkan dua sendok teh perasan lemon ke dalam campuran. Gunakan ini sebagai bilasan terakhir pada rambut setelah menggunakan sampo dan kondisioner biasa. Tapi jangan dibilas. Ini akan membantu menghadirkan rona pirang atau merah alami pada rambut dan sedikit mencerahkan rambut tanpa terlihat drastis atau palsu.

Jahe

Teh jahe

Photo :
  • thedailymeal

Sifat anti-inflamasi jahe membantu kulit Anda melawan jerawat. Sifatnya sangat antiseptik, menjaga kulit Anda bersih dan bebas noda. Jahe menyegarkan dan merangsang kulit, juga digunakan secara topikal untuk mengobati selulit. Teh jahe juga sangat baik untuk rambut. Ini meningkatkan sirkulasi kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Ini juga membantu menghilangkan ketombe. Bilas rambut dengan teh jahe setidaknya seminggu sekali.

Lavender

Minyak lavender

Photo :
  • Pinkvilla

Selain menenangkan indra, teh lavender ternyata efektif dalam menyembuhkan berbagai kondisi kulit seperti luka. Selanjutnya, teh lavender tanpa pemanis dapat digunakan sebagai pembilas rambut untuk mengatasi masalah seperti kerontokan rambut. Ini juga dapat membantu menghilangkan ketombe.

Produk Perawatan untuk Detox Rambut

Selain menggunakan bahan-bahan alami, yang bisa dilakukan untuk detox rambut yakni menggunakan rutin sampo dan kondisioner Pantene terbaru, Micellar Detox & Moisturize dengan Ekstrak Bunga Teratai yang menghidrasi dan kaya akan antioksidan dengan 0 persen silikon, tidak mengandung paraben, pewarna atau silikon, partikel air micellarnya menjadi magnet minyak dan kotoran tak kasat mata di permukaan kulit kepala saat kita keramas, namun tetap menjaga essensial kelembaban rambut kita, kombinasi teknologi micellar dan Pro-V B5 formula membuat rambut jadi lebih lembut, sehat dan lembab.  

“Sama halnya seperti tubuh yang dapat menyerap racun dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, rambut kita pun perlu detox dan Pantene menjawab kebutuhan kita untuk rutin mendetox rambut ketika rambut sudah capek, kering, lepek akibat penumpukan kotoran, klorin, bahan kimia dari hair spray atau sinar UV, semua permasalahan itu dapat diatasi dengan detox rambut memakai produk ini," kata Ayu Aradhita, Brand Director Haircare Procter & Gamble (P&G) Indonesia lewat rilis yang diterima VIVA. 

Produk ini diluncurkan bersamaan dengan acara Guardian yang dilaksanakan mulai dari tanggal 28 November – 4 Desember 2022 di Mall Kota Kasablanka, yang diisi dengan kegiatan seru seperti photobooth, games dan penawaran promo menarik untuk pengunjung. 
Event ini diharapakan dapat memberi tambahan edukasi mengenai perawatan rambut yang benar dengan memakai produk yang tepat sesuai dengan kondisi dan jenis rambut kalian, sekaligus dapat mencoba atau membeli produknya secara langsung di toko Guardian seluruh Indonesia.

Perlu diketahui, produk ini tersedia dalam bentuk sampo dan kondisioner yang sangat cocok bagi kalian yang miliki masalah ujung rambut kering dan rambut berminyak karena mampu menutrisi dan menjaga kelembaban rambut lebih maksimal. Dari produk ini, memiliki 3 elemen yang menutrisi rambut: 
•    Gentle Micelles, untuk membersihkan kulit kepala secara mendalam dari minyak rambut dan kotoran secara menyeluruh. 
•    Waterlily Extract, untuk menutrisi dan melindungi rambut.
•    Fragrance of Fresh Peony, dengan tambahan ekstrak dewy green, peony dan bunga violet untuk menjaga rambut terasa segar sepanjang hari.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya