Jangan Salah Lagi, Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung sangat penting untuk dilakukan. Sebab, sinar UV dapat memberikan berbagai dampak yang negatif seperti membuat kulit kusam hingga mempercepat penuaan.

Melindungi kulit ketika beraktivitas di luar ruangan bisa dengan menggunakan sunblock atau sunscreen. Dua jenis tabir surya ini sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat karena berfungsi untuk menangkal bahaya sinar UV terhadap kulit. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Meskipun memiliki fungsi utama yang sama yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tetapi ada beberapa perbedaan dari kedua tabir surya itu. Ahli dermatologi dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV mengungkapkan bahwa kedua produk itu memiliki perbedaan khususnya dari jenis, cara kerja, dan karakteristiknya. 

"Kalau sunblock itu jenisnya tabir surya physical. Artinya saat produk digunakan di kulit, produk itu akan langsung secara otomatis menangkal kandungan UVB dari sinar matahari," kata dokter Dewi, dalam acara Tokopedia Beauty Awards 2022, di Jakarta, baru-baru ini. 

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/freepik.diller

Penggunaan sunblock lebih direkomendasikan untuk kegiatan di luar ruangan dengan durasi yang cukup lama seperti berjemur di pantai atau mendaki gunung. Sunblock memiliki tekstur yang lebih tebal karena cara kerjanya langsung untuk menangkal bahaya UVB. Maka jika dipakai di kulit biasanya akan menyebabkan whitecast.

Berbeda dengan sunblock, sunscreen tergolong dalam tabir surya jenis chemical. Tabir surya berjenis chemical artinya produk memiliki cara kerja dengan mengubah paparan radiasi dari sinar matahari yang terserap kulit menjadi kandungan yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Halaman Selanjutnya
img_title