Akad Nikah, Erina Gudono Akan Pakai Riasan Paes Ageng

Erina Gudono
Erina Gudono
Sumber :
  • Instagram Erina Gudono

VIVA Lifestyle – Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Sabtu 10 Desember 2022 mendatang. Saat akan nikah, Erina Gudono akan menggunakan pakaian adat Jawa dengan riasan gaya Paes Ageng.

Pemilik wedding organizer akad nikah Kaesang dan Erina, Wigung Wratsangka mengatakan jika awalnya ada dua gaya riasan yang akan dipilih Erina yaitu Paes Ageng dan Paes Yogya Putri. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Wigung menerangkan awalnya Erina akan memilih riasan Paes Yogya Putri. Namun setelah melakukan diskusi dengan Kaesang, kata Wigung, akhirnya Erina memilih riasan Paes Ageng saat akad nikahnya.

"Mbak Erina dan Mas Kaesang setuju untuk mengenakan Paes Ageng Kebesaran atau sama dengan Paes Ageng Keprabon. Sama dengan Paes Ageng Basahan," kata Wigung, Selasa 6 Desember 2022.

Wigung membeberkan riasan gaya Paes Ageng ini biasa dipakai oleh para putri Keraton Yogyakarta. Namun ditahun 1960an, Raja Keraton Yogyakarta saat itu Sri Sultan HB IX mengizinkan gaya Paes Ageng ini bisa digunakan oleh masyarakat umum.

"Biasanya dikenakan oleh puteri-puteri Sultan Hamengku Buwono. Era 60an sudah diizinkan Ngarsa Dalem HB IX untuk bisa digunakan oleh masyarakat umum. Itu (Paes Ageng) yang memakai prada emas. Itu Paes Ageng," kata dia.