5 Tips Pilih Cincin Pernikahan yang Sempurna, Jangan Asal!

Ilustrasi cincin kawin
Sumber :
  • Pixabay/Kai Kalhh

VIVA Lifestyle – Buat kamu yang berniat menikah dengan pasangan, memilih cincin pernikahan juga tak kalah penting. Sebab, cincin pernikahan adalah perhiasan berharga yang memiliki makna mendalam. Untuk itu, perlu kehati-hatian dan penuh pertimbangan dalam memilihnya. 

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan, mulai dari bentuk, model, hingga harga harus dipikirkan dengan bijaksana. Nah, untuk membantumu membuat keputusan lebih cepat, berikut beberapa kiat dalam memilih cincin pernikahan, dilansir Love Wedding, Selasa 13 Desember 2022. 

Simpan 3-5 persen anggaran pernikahan untuk cincin
Penting untuk menentukan harga cincin kawin sebelum membelinya. Ketika kamu tahu berapa banyak yang harus dibelanjakan untuk cincin, akan lebih mudah untuk menyisihkan anggarannya. 

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Kebanyakan pasangan tidak paham berapa banyak anggaran yang seharusnya dikeluarkan untuk membeli cincin nikah. Nah, ahli perhiasan sering menyarankan bahwa sekitar 3-5 persen dari anggaran pernikahan, sebaiknya disisihkan untuk membeli cincin. 

Ilustrasi cincin tunangan

Photo :
  • Pixabay/Courtney
Dituding Nikahi Sukhdev Singh karena Uang, Bunga Zainal Beri Jawaban Menohok

Pilih yang melengkapi cincin pertunangan
Saat memilih cincin kawin, kamu bisa memilih cincin yang melengkapi cincin pertunangan atau pilih desain yang sama sekali baru. Kebanyakan wanita suka memakai cincin nikah dan cincin pertunangan secara berdampingan. Jika kamu ingin melakukan hal yang sama, pilihlah desain yang cocok dengan cincin pertunanganmu. 

Pilih yang mudah diubah ukurannya
Karena cincin kawin harapannya dibuat untuk seumur hidup, setiap pasangan harus memerhatikan bagian pengubahan ukuran. Akan ada saat-saat ketika cincin mengencang ketika tubuh membengkak atau menjadi longgar saat jari-jari menyusut. Selain itu, wanita cenderung bertambah berat badan saat hamil dan turun kembali setelah melahirkan. 

Pilih desain dengan sentuhan pribadi
Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, hal itu bisa dimasukkan dalam memilih cincin kawin. Para ahli menyarankan, cincin harus menjadi cerminan diri, gaya yang disuka dan kenyamanan pribadi. Entah itu mengukir inisial nama satu sama lain atau memilih model yang menonjol dari yang lain. 

Cari yang mudah dirawat
Jika dipakai setiap hari, cincin bisa menjadi kotor, sehingga perlu dibersihkan, dicuci dan dirawat secara berkala. Untuk mempermudahnya, pilihlah cincin kawin yang mudah dirawat. Cincin dengan ukiran akan sulit dibersihkan, sementara cincin dengan desain yang rumit akan sulit untuk mengembalikan kilau aslinya. 

Emas dan platinum adalah logam terbaik jika kamu tidak punya waktu untuk merawatnya. Cincin dengan warna ganda atau yang memiliki inlay kayu atau keramik, lagi-lagi akan merepotkan dalam hal perawatan. Jadi, pilihlah dengan bijak. 

Di sisi lain, brand cincin nikah kustom Winata Jewelry, membuka toko pertamanya di Cikarang. Brand Yogyakarta ini membuka galeri ke-13 dengan menghadirkan produk yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Indra Adhi selaku Marketing Manager Winata Jewelry mengatakan, toko ini dihadirkan dengan tujuan agar lebih dekat dengan konsumen dan memudahkan masyarakat Cikarang untuk mendapatkan referensi brand cincin kustom. 

“Selain menjawab keinginan pasar agar dapat lebih mudah mendapatkan cincin kostum, Cikarang merupakan pasar yang potensial untuk mengembangkan toko kami. Melihat dari daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi dan perkembangan bisnis serta industri di daerah ini,” jelas Indra Adhi, dalam keterangannya. 

Indra melihat pernikahan adalah sebuah prosesi sakral satu kali seumur hidup, Sehingga diperlukan cincin sebagai saksi yang dapat disesuaikan dengan keinginan, dari harga, bahan, desain, hingga ukuran cincin. 

"Winata Jewelry dapat menghadirkan itu semua. Hingga saat ini, dari tahun 2020 telah lebih dari 20.000 cincin telah dipersembahkan oleh Jewelry Artist kami untuk menjadi bagian dari hari kebahagiaan setiap pasangan,” lanjutnya.

Dalam pembukaan toko baru yang beralamat di Ruko Hollywood Boulevard Blok A5A No.11, Cikarang, Winata Jewelry sekaligus mengenalkan signature material terbaik untuk pembuatan cincin pernikahan. Ada empat bahan cincin baru yang diluncurkan, di antaranya adalah Platidigold, Goldium, Platigold, dan Platidina. 

“Inovasi bahan terbaru ini dikembangkan dengan tujuan untuk menciptakan kualitas cincin nikah yang memiliki kualitas lebih baik dan lebih tahan lama. Selain itu, inovasi bahan ini juga memiliki tingkat ketahanan yang lebih baik dengan ketahanan gores yang lebih tinggi, bahan lebih padat hingga sifat hypoalergenic yang sangat aman untuk digunakan sehari hari.” tutup Indra Adhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya