Para Srikandi Bisnis Unjuk Kebolehan di Fashion Show Oscar Lawalata Culture X Humbang Kriya

Fashion show Oscar Lawalata Culture X Humbang Kriya.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Lifestyle – Dalam rangka menyambut Hari Ibu, Humbang Kriya bersama Oscar Lawalata Culture mempersembahkan Fashion Show 'Untukmu Ibu' berkolaborasi dengan Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia (SBKI) di The Grand Mansion Menteng, Jakarta Pusat. 

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Kolaborasi Oscar Lawalata Culture X Humbang Kriya mendukung sustainable fashion dan eco fashion dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga turut membantu bumi Ibu Pertiwi menyembuhkan dirinya. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengangkat UMKM lokal menjadi naik kelas dan lebih dikenal banyak khalayak luas. Komitmen mendukung UMKM naik kelas ini merupakan program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 3 Oktober 2022 lalu. 

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Humbang Kriya merupakan hasil produk UMKM binaan Rumah Kreatif Sinar Mas. Humbang Kriya terdiri dari Humbang Shibori, Tenun Songket Humbang, Humbang Batiq, Humbang EcoPrint, Baion Humbang dan Hirang Humbang yang dibuat oleh para artisan di Kawasan Dolok Sanggul, Matiti, Sirisi risi, Parsingguran dan Tipang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Indonesia. Humbang Kriya menggunakan konsep eco fashion di dalam proses pembuatannya.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

“Kami mengharapkan inisiatif Asuransi Sinar Mas memadupadankan hasil kriya khas setempat, karya masyarakat. Dalam hal ini UMKM, dapat membawa beragam jenis kain Humbang naik kelas, menjangkau publik luas sebagai produk bernilai tambah. Hal ini mengingat proses produksinya yang ramah lingkungan menggunakan bahan organik dan pengembangannya dilakukan menggandeng desainer ternama,” kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, dalam keterangannya, Rabu 14 Desember 2022. 

Dumasi MM Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas sekaligus pembina Rumah Kreatif Sinar Mas, menambahkan, fashion show kolaborasi Humbang Kriya dengan Oscar Lawalata Culture ini merupakan bentuk komitmen PT Asuransi Sinar Mas dan Rumah Kreatif Sinar Mas untuk mendukung agar karya mitra binaan dapat naik kelas dan pada akhirnya terus berkelanjutan. 

"Kami juga mengajak semua pihak untuk dapat mendukung UMKM lokal dengan menggunakan produk-produk karya anak bangsa karena UMKM maju berawal dari kita. Pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh PT Asuransi Sinar Mas melalui Rumah Kreatif Sinar Mas di kabupaten Humbang Hasundutan sejak 2016 ini telah menciptakan UMKM baru dengan produk-produk yang dapat menjadi produk unggulan untuk mendukung pariwisata di sana," tuturnya. 

Dalan kesempatan sama, Asha Smara Darra dari Oscar Lawalata Culture, turut mengungkapkan, 
melalui kolaborasi ini, para teman kreatif Humbang Kriya diharapkan dapat berkembang bersama dalam dinamisme tren fesyen dan industri kreatif untuk mengasah dan memberi motivasi kepada para pengrajin, agar dapat menghasilkan sebuah desain masa kini yang bisa dipakai sehari-hari dan bisa berkembang di dunia fesyen.

"Harapan ke depannya semoga apa yang kita buat ini tidak cukup sampai di sini, tapi bisa mengeksplor dan menggali lebih dalam lagi kemampuan dan keterampilan para pengrajin," ungkapnya. 

Srikandi Bisnis & Keuangan Indonesia (SBKI) beranggotakan 11 wanita inspiratif yang bergerak di industri bisnis dan keuangan di Indonesia. Kesebelas srikandi tersebut antara lain:
1. Aviliani, Komisaris Utama PT Allo Bank Indonesia Tbk/Ekonom INDEF.
2. Vera Eve Liem , Direktur Bank BCA.
3. Yuanita Rohali, Direktur Keuangan PT Petromine Energy Trading.
4. Rita Mirasari, Direktur Bank Danamon.
5. Susy Meilina, Direktur Utama PT MNC Sekuritas.
6. Evi. A. Ismail, Direktur Keuangan  PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).
7. Dumasi M. M. Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas.
8. Lies Permana Lestari, Direktur Pelayanan dan pengembangan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).
9. Juanita A.Luthan, Head of Consumer & Micro Business PT Bank National Nobu Tbk.
10. A. Susanti, Senior Vice President PT Rintis Sejahtera.
11. Chesna Fizetty Anwar, Direktur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank).

Para srikandi ini sangat mendukung produk lokal UMKM seperti Humbang Kriya untuk naik kelas di antaranya dengan mendukung, menggunakan dan bahkan mempromosikan produk. 

"SBKI sebagai kumpulan para wanita yang merupakan pemimpin pada sektor bisnis dan keuangan mendukung acara ini, karena Asuransi Sinar Mas dan Oscar Lawalata Culture turut menaikkan kelas UMKM dengan mengkolaborasikan UMKM dengan desainer ternama. Selain itu, binaan UMKM ini terkait dengan pewarnaan alami yang mendukung usaha ramah lingkungan. Kolaborasi ini perlu ditularkan kepada yang lain, agar menaikkan kelas UMKM lebih banyak lagi," ujar Aviliani, Ketua Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia.

“Ini kegiatan yang sangat tepat untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat dengan mengangkat UMKM Indonesia go internasional. Adanya penampilan peragaan busana Humbang Kriya hasil produk UMKM binaan Rumah Kreatif Sinar Mas bisa semakin dikenal khalayak luas. Ditambah lagi mendukung sustainable fashion dan eco fashion yang proses pembuatannya menggunakan bahan alami sehingga dapat membantu memperbaiki bumi Ibu Pertiwi,” tambah Tjendrawati Widjaja, Komisaris Utama Bank Sinarmas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya