Pakai Serum Wajah Malah Jadi Beruntusan? Ini Sebabnya

Ilustrasi minyak/serum/skincare/minyak esensial.
Sumber :
  • Freepik/awesomecontent

VIVA Lifestyle – Beberapa waktu belakangan pamor serum begitu populer di kalangan masyarakat. Serum adalah produk skincare yang dirancang untuk memberikan konsentrasi tinggi bahan aktif tertentu pada kulit.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Berbicara mengenai serum, ada banyak jenis serum yang berbeda di pasaran yang juga memiliki fungsi berbeda. Mulai dari menghidrasi hingga mencerahkan kulit. Ada banyak sekali produk di luar sana, jadi memilih dengan bijak selalu menjadi tantangan. Jika tidak bijak berbagai masalah baru pada kulit wajah akan muncul. Yuk, scroll.

Beberapa keluhan yang sering dialami usai menggunakan serum adalah wajah menjadi beruntusan. Mengapa demikian?

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Corporate Advance Research Evaluation Center Head, Marta Tilaar Group, Maily, Biomed menjelaskan bahwa masalah tersebut terjadi lantaran adanya bahan yan digunakan bukan kategori kosmetik.

Ilustrasi jerawat

Photo :
  • Freepik/Tongpatong
Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

“Beruntusan kalau kita menggunakan bahan biasanya sifatnya bekerja instan umumnya sintetik dengan konsentrasi tinggi. Misalnya konsentrasi tinggi yang semestinya bukan digunakan untuk kategori kosmetik,” kata dia dalam press conference peluncuran serum wajah Bright Skin Putih Langsat dan Hydra Glow dari Sari Ayu, di Ruang Belajar Alex Tilaar, Jakarta, Jumat 16 Desember 2022.

Lebih lanjut beruntusan yang terjadi usai mengaplikasikan serum wajah, bisa jadi lantaran sensitivitas kulit si pengguna.

“Kalau pun itu terjadi bisa jadi ada satu orang yang punya sensitivitas lebih tinggi dari orang lain. Kalau itu tidak membuat nyaman hentikan. Mungkin saat itu adaptasi kulitnya tidak baik, jadi tidak cocok ya sudah berhenti saja,” lanjut dia.

Maily juga mengungkap bahwa kunci penting dalam menjaga kesehatan wajah adalah menjaga kebersihan kulit itu sendiri.

“Satu hal kita lupa pakai paling bagus itu percuma kalau kita tidak jaga kebersihan kulit nomor satu,” kata Maily.

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Untuk tahap menjaga kebersihan kulit dimulai dari penggunaan cleanser, facial foam, toner yang dilanjutkan serum dan diakhiri dengan moisturizer dengan kandungan SPF. Selain itu, penting juga menjalankan rutinitas memakai masker wajar.

“Untuk berkala pakai maskernya kadang kita sudah membersihkan tapi belum cukup atau scrub ada orang yang dalam stage tertentu pengelupasan kulitnya lebih tinggi daripada masa sebelumnya butuh scrub. Kadang pori-pori tersumbat kalau ada treatment lainnya yang masuk menumpuk, jadinya beruntus,” ungkap Maily.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya