Desainer Vivienne Westwood Meninggal Dunia, Ini Perjalanan Kariernya

Desainer Vivienne Westwood.
Sumber :
  • Instagram @viviennewestwood

VIVA Lifestyle – Vivienne Westwood, perancang busana Inggris yang membawa gaya punk ke dunia, meninggal pada hari Kamis, 29 Desember 2022 waktu setempat. Dia meninggal dunia di usia 81 tahun. Kabar meninggalnya sang desainer itu terlihat dari sebuah cuitan di twitter @FollowWestwood.

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Perjalanan karier

Desainer Vivienne Westwood.

Photo :
  • Instagram @viviennewestwood
Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Sebelum terkenal, Vivienne Westwood sempat bekerja sebagai guru Sekolah Dasar. Namun, setelah itu ia memutuskan untuk mendirikan toko pakaian dengan nama Let It Rock di King’s Road Chelsea. Usahanya itu didirikan bersama Malcolm McLaren di awal 1970-an.

Kemudian Vivienne Westwood pun menjadi terkenal. Lalu nama tokonya berganti nama Sex McLaren dan mulai fokus mengelola pakaian bertema punk rock.

Pangeran Harry Resmi Daftarkan AS Sebagai Tempat Tinggal Utama, Tak Lagi Jadi Bangsawan Inggris?

Dikutip dari Variety, toko itu menjadi tempat pertemuan band-band punk, dan kreasi Westwood, yang dikenakan oleh punk rocker London, memperkenalkan gaya baru ke dunia yang memanfaatkan potongan-potongan yang disematkan, pakaian karet dan plastik, banyak ritsleting, celana tartan bondage, sobek. 

Anggota band termasuk Siouxsie and the Banshees and the Slits dipengaruhi oleh fesyennya, dan Viv Albertine dari the Slits menulis dalam memoarnya, “Vivienne dan Malcolm menggunakan pakaian untuk mengejutkan, mengganggu, dan memprovokasi reaksi tetapi juga untuk menginspirasi perubahan. 

Desainer Vivienne Westwood.

Photo :
  • Instagram @viviennewestwood

Selain koleksi fesyennya, ia merancang seragam pramugari dari Virgin Atlantic dan menyediakan lemari pakaian untuk Elisabeth Shue di "Leaving Las Vegas" serta untuk "Shadowboxer" dan "Twenty-One".

Film dokumenter 2018, "Westwood: Punk, Icon, Activist" meliput kehidupan dan pekerjaannya, dan dia diperankan dalam serial mini FX "Pistol" oleh Talulah Riley. Karakter Carrie Bradshaw Sarah Jessica Parker mengenakan salah satu gaun pengantin kreasi Westwood dalam versi film "Sex and the City."

Westwood adalah seorang aktivis politik lama, bekerja untuk melawan konsumerisme, melindungi lingkungan dan memprotes penyebab seperti ketidaksetaraan upah.

Kini dirinya harus pergi untuk selama-lamanya. Dia meninggalkan suaminya, Andreas Kronthaler, dan dua putra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya