Inspirasi Imlek dengan Batik Modern, Anggun Padukan Konsep Tradisional dan Tionghoa

Batik modern karya desainer Asti Atmodjo.
Sumber :
  • Dok. Desainer Asti Atmodjo.

VIVA Lifestyle – Perayaan Tahun Baru Imlek akan jatuh pada 22 Januari 2023. Tahun Baru Imlek menjadi momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih. 

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Mengenakan baju bertema merah menjadi tradisi yang tak terpisahkan dari perayaan ini. Ada beragam model busana yang bisa menjadi pilihan Batik modern, juga bisa terlihat memukau untuk ocassion Imlek lhoYuk, scroll untuk berbagai inspirasinya.

Asti Atmodjo sebagai desainer fesyen yang konsisten mengangkat batik sebagai tema utama, menegaskan bahwa batik sangat versatile. Batik dapat digunakan untuk daily, casual, hingga acara formal. 

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

”Itulah keunikan batik. Kita tinggal bermain dengan corak dan warna tertentu untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi Indonesia punya banyak macam batik sehingga kita memiliki banyak pilihan," ujar Asti dalam keterangannya, Senin 9 Januari 2023. 

Buka Bersama Perhimpunan Tionghoa, Istri Gus Dur Ingatkan Kemajemukan Indonesia

Imlek memang identik dengan model cheongsam. Pakaian tersebut merupakan baju tradisional Tiongkok yang sering digunakan setiap perayaan Imlek. Nuansa warna merah dan emas yang dipercaya sebagai warna keberuntungan, menjadi identitas yang khas pada busana-busana Imlek.

Batik sebagai warisan budaya Indonesia pun bisa dimodifikasi dengan cheongsam untuk menjadi busana Imlek yang anggun dan mewah. Asti dengan brand XaVerana menghadirkan beberapa pilihan batik modern edisi Imlek.

"Untuk model baju kita pakai cheongsam. Warna kita juga hadirkan nuansa merah, tapi beberapa kita pakai warna lain. Model cheongsam kita modif bersama batik sehingga menghasilkan tampilan yang modern, simpel dan anggun," beber Asti, yang juga founder dan Deputy CEO XaVerana. 

Setiap tahunnya, XaVerana mengeluarkan model-model yang menyatukan antara konsep tradisional dan Tionghoa sehingga cocok digunakan untuk perayaan Imlek. 

“Selain busana, kami juga bikin beberapa model baru yang mengikuti tren saat ini yaitu korset. Kami mengembangkan korset dengan cheongsam dan tentu saja menggunakan bahan batik,” ungkapnya.

Asti menambahkan, pada dasarnya semua motif batik bisa digunakan untuk pakaian Imlek. Namun, jika ingin tampil lebih mewah, warna-warna alam batik tulis sangat direkomendasikan. 

Sedikit memberikan tips mix and match outfit untuk perayaan Imlek, Asti menyebut bahwa warna merah yang menjadi khas Imlek juga dapat dikreasikan dengan warna-warna lain.

"Warna merah dan gold atau merah dan hitam memang paling aman. Tapi, jaman sekarang juga banyak yang ingin tabrak warna, misal merah dengan kuning, atau merah dengan hijau. Yang penting jangan dilupakan ciri khas Imleknya, di antaranya adalah unsur warna merah dan style baju tradisi Tionghoa," tutupnya.

Koleksi-koleksi XaVerana yang lain, juga dapat dilihat di Instagram @xaverana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya