Kelewat Batas, Viktor & Rolf Hadirkan Gaun 'Terbalik' di Paris Haute Couture Week 2023

Gaun karya Viktor Horsting dan Rolf Snoeren
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Lifestyle – Sepasang desainer asal Belanda yang bernama Viktor Horsting dan Rolf Snoeren yang menggawangi label Viktor & Rolf sempat membuat heboh para tamu show mereka di Paris Haute Couture Week 2023. Hal ini karena koleksi gaun terbaru mereka yang memiliki desain tidak biasa. 

Lagu "Jangan Pernah Menyerah" Lenny Hartono Nyaris Bersanding "Kita Bikin Romantis"

Mereka mengusung desain terbolak balik dan bahkan bisa disebut kocar-kacir oleh para model selama pertunjukan yang berlangsung Rabu, 25 Januari 2023 itu. Ada gaun yang dipakai terbalik sampai bagian rok menutupi seluruh wajah model. Sementara bagian bawah yang harusnya tertutup, malah terbuka lebar. 

Dari 18 koleksi yang berkilauan yang merupakan koleksi dari Haute Couture musim semi merek tersebut. Ada juga desain yang dibuat menyamping, diagonal, dan bahkan satu model tampak tertusuk gaunnya. Ada juga yang gaunnya seperti melayang di depan, menutupi bagian tubuh model. 

Miss Universe Bantah Perwakilan Arab Saudi Ikut Serta dalam Ajang Tahunan

Gaun Terbalik karya Viktor Horsting dan Rolf Snoeren

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Melasir dari Page Six, pada Jumat 27 Januari 2023, presentasi gaun-gaun dengan gaya tradisional secara tak biasa itu mengejutkan para penonton, terutama mereka yang menyaksikan secara daring. Sejumlah kritikus juga mengaku terkejut melihat cara Viktor & Rolf menerjemahkan haute couture. 

Karya Indah Wignyo Hingga Poppy Dharsono Menutup Manis IFW 2024

Gaun Melayang

Para pecinta fesyen menilai bahwa gaun yang bisa berjalan sendiri itu disebut sebagai desain yang jenius. Jika dilihat lebih dalam, sebetulnya mereka sudah memberi isyarat mengenai desain nyeleneh sejak pertunjukan koleksi Viktor & Rolf sebelumnya. 

Gaun karya Viktor Horsting dan Rolf Snoeren

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Rumah mode Belanda itu memperlihatkan absurditas dengan rok yang tampak di luar nalar. Mereka mendesain gaun dengan lubang di rok, sementara koleksi lain bahkan dipamerkan tanpa rok. Para desainer menganggap karya mereka sebagai eksplorasi spektakuler.

Tamu Undangan yang Nyeleneh

Bukan hanya model catwalk, undangan yang hadir di pertunjukan itu juga mengadopsi gaya aneh rumah mode tersebut. Dojat cat misalnya, penyanyi Need to Know yang datang dengan pakaian campy dan mengenakan bulu mata palsu, bukan hanya kelopak matanya, tapi juga di alis, dagu, dan bibir atasnya yang seperti menjadi kumis dan jambang. 

Tanggapan Publik

Gaun karya Viktor Horsting dan Rolf Snoeren

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Melihat gaun nyeleneh tersebut, publik pun langsung menuangkan beragam komentar. Namun, opini mereka terbagi ke dalam dua kubu. Beberapa yang mendukung label tersebut mengatakan bahwa desain tersebut jenius, sedangkan yang lainnya melayangkan cibiran. 

"Saya merasa sangat kasihan dengan model-model ini," timpal yang lain.

"Ini adalah desain yang merugikan untuk tidak melihatnya," keluh orang lain.

"Kamu memakai gaun itu, jangan biarkan gaun itu memakaimu," imbuh warganet berbeda.

"Ini minggu haute couture, bukan busana siap pakai," warganet lain membelanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya