5 Tips Merawat Kulit Wajah Remaja yang Rentan Berjerawat

ilustrasi remaja.
Sumber :
  • pexels

VIVA Lifestyle – Jerawat adalah istilah luas untuk menggambarkan pori-pori yang tersumbat. Pori-pori kamu bisa tersumbat dari kombinasi sel kulit mati, sebum (minyak), dan bakteria.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Jerawat bisa muncul pada usia berapapun, namun remaja dan dewasa muda lebih rentan berjerawat karena perubahan hormon. Kondisi ini bisa menurunkan kepercayaan diri karena perawatan harus dilakukan untuk mengurangi kemunculannya.

Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa langkah perawatan kulit remaja untuk mencegah jerawat.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Gunakan produk nonkomedogenik

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

Produk perawatan wajah nonkomedogenik adalah hal wajib untuk kulit rentan berjerawat. Hal ini meliputi pencuci wajah, pelembab, dan tabir surya, begitu juga riasan yang akan dipakai. Nonkomedogenik artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori, dan label produk akan dengan jelas menyatakan hal ini. Jika tidak, artinya produk tersebut komedogenik.

Cuci wajah dengan lembut dua kali sehari

Mencuci wajah adalah langkah penting bagi perawatan jerawat secara menyeluruh, tapi frekuensi dan tekniknya juga sama penting. Setelah mencuci wajah, tepuk perlahan dengan handuk bersih, jangan digosok karena akan mengiritasi kulit dan jerawat yang ada. Air hangat juga paling efektif untuk membersihkan kulit.

Eksfoliasi satu kali seminggu

Selain mencuci muka pagi dan malam, eksfoliasi setiap minggu juga bisa membantu mencegah jerawat. Masker lumpur ideal untuk semua jenis jerawat, karena dapat membantu membuka pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati. Kamu juga bisa mempertimbangkan eksfoliasi ringan yang mengandung salicylic acid atau alpha-hydroxy acid untuk efek yang sama.

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Pakai sunscreen tiap hari

Sunscreen adalah hal yang wajib karena tidak hanya membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan kanker, sunscreen juga bisa membantu mencegah jerawat yang terkadang disebabkan terbakar matahari.

Ubah diet

Pertimbangan terakhir adalah diet kamu. Antara sekolah, aktivitas ekstrakurikuler, pekerjaan dan kehidupan sosial, makan dengan benar setiap waktu bisa menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, makanan tertentu bisa memperparah jerawat. Makanan yang bisa memicu jerawat adalah produk olahan susu, makanan dengan glikemik tinggi, dan makanan olahan.

Menjawab permasalah kulit remaja, Pigeon Teens menghadirkan Moisturizer dan Sleeping Mask untuk membantu melembapkan agar membuat kulit tampak sehat. Jelly Glow Sleeping Mask yang memiliki kandungan Ceramide, 9 natural Ingredients dan Kakadu Plum Extract berfungsi menjaga kelembapan kulit wajah serta memperbaiki skin barrier. Kelebihan utama dari sleeping mask ini selain memperbaiki skin barrier yaitu pemakaian yang sangat mudah dan efisien karena tidak perlu dibilas di malam hari serta memiliki texture seperti jelly, sehingga kandungan didalamnya mudah menyerap dan menutrisi kulit saat tidur semalaman. 

“Produk ini hadir untuk menjawab kebutuhan orang - orang yang concern terhadap permasalahan kulit kering. Hal ini karena kami melihat dari banyaknya Direct Message (DM) di Instagram Pigeon Teens yang masuk, kebanyakan menanyakan perihal produk untuk permasalahan tersebut, sehingga produk ini memang kami fokuskan untuk memperbaiki skin barrier, terutama bagi remaja agar bisa lebih ekstra melindungi kulitnya.” Margaretha Naomi, Brand Manager Pigeon Teens

Tidak hanya itu, Pigeon Teens juga peduli terhadap masalah kulit lainnya yang dialami oleh remaja saat ini yaitu kulit berjerawat. Maka dari itu, Pigeon Teens turut meluncurkan produk khusus jerawat yaitu Acne Ranger Moisturizer yang dilengkapi dengan kandungan Willow Bark Extract, witch Hazel Leaf Extract, Bisabolol, dan Allantoin, serta 12 natural ingredients lainnya yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus merawat kulit dengan mengurangi kandungan minyak berlebih. Selain itu, kandungan Allantoin dan Bisabolol dalam Acne Ranger Moisturizer juga dapat melindungi kulit dari iritasi ringan dan meredakan kemerahan akibat jerawat.

Kedua jenis moisturizer ini telah teruji secara klinis dan dermatologically tested. Selain itu kandungan alkohol di dalamnya juga 0%, sehingga produk ini aman digunakan bagi semua tipe kulit bahkan dari usia 10 tahun keatas.

Kedua produk ini telah hadir di masyarakat dan saat peluncuran produk pada acara 12.12 tahun lalu, produk Jelly Glow Sleeping Mask telah terjual sebanyak 5000 pcs dalam sehari. Hal tersebut membuktikan bahwa remaja saat ini peduli untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah mereka dengan menjadikan skincare sebagai bagian dari kebutuhan sehari - hari mereka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya