Tips Membeli Perhiasan Berlian untuk Pemula, Jangan Sampai Salah Pilih

Ilustrasi berlian.
Sumber :
  • Freepik/master1305

VIVA – Membeli berlian untuk cincin pertunangan atau perhiasan lainnya adalah sebuah big deal. Bukan hanya pembelian besar, ini juga merupakan keputusan besar. Apalagi banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih perhiasan berlian yang diinginkan.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

Sebagian besar orang membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk menemukan cincin berlian yang sempurna untuk pertunangan atau pernikahan. Nah, untuk mempermuda Andah, berikut adalah tips yang dibagikan oleh ahlinya. Scroll artikel ini untuk terus membaca.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Fitry Kurniaty, Owner Faiza Safira Gold n Jewellery mengatakan bahwa berlian memiliki beberapa kategori yang berbeda. Menurutnya, sebelum membeli berlian, Anda wajib memperhatikan 4C, yakni Color (warna), Clarity (kejernihan), Cutting (potongan) dan Carat (karat).

“Pertama lihat dari Color (warna). jadi berlian yang paling bagus itu color-nya dimulai dari D, E, F G sampai Z. tapi yang sangat bagus itu color D, E dan F karena warnanya putih jernih,” ujar pengusaha sekaligus selebgram tersebut dalam keterangannya, Senin, 30 Januari 2023.

Harga Emas Global dan Antam Terus Tembus Rekor Tertinggi saat Konflik di Timur Tengah Memanas

Lalu, yang kedua Clarity, yaitu tingkat kejernihannya. Perlu dicek apakah ada kotoran di dalamnya atau tidak. Yang ketiga Cutting, potongannya seperti apa, apakah bagus atau tidak, banyak dan sempurna atau tidak,

Terakhir adalah Carat, yaitu karat atau berat. Semakin besar karatnya, maka semakin langka dan semakin mahal berlian tersebut.

Cincin berlian.

Photo :
  • Istimewa

Nah, harga berlian pun ditentukan dari kriteria 4C tadi. Namun, Fitry mengatakan bahwa para pemula biasanya membeli berlian yang ukurannya kecil terlebih dahulu. Selain itu, mereka juga biasanya memilih cincin, baru kemudian membeli gelang berlian. Itu karena cincin lebih sering dipakai.

“Untuk cincin berlian itu kan ada diamond dan pengikatnya. Biasanya emas putih 75 persen. Itu disatukan sehingga harganya ada harga emas dan harga berliannya,” jelas Fitry.

Sementara untuk mengetahui apakah berlian itu asli atau tidak, paling mudah dengan menggunakan diamond detector.

Di toko perhiasan miliknya sendiri, Fitry mengatakan bahwa ia memakai berlian dari Eropa. Menurutnya, ia tak memakai berlian lokal karena warnanya cenderung kehitaman, kurang jernih dan potongannya juga kurang sempurna.

Toko perhiasan/berlian.

Photo :
  • Istimewa

Tak hanya menjual berlian dengan harga selangit, ia juga menyediakan berlian di bawah Rp10 juta

“Kenapa murah? Karena marginnya sangat sedikit dan aku juga tangan pertama dan punya pengrajin,” ucapnya.

Saat ditanya lebih baik membeli perhiasan emas atau berlian, Fitry menjawab bahwa selama ini orang yang memilih perhiasan berlian lebih ke alasan prestige alias gengsi. Selain itu, harga berlian juga selalu naik.

“Kalau orang pakai diamond tuh makin tinggi percaya dirinya. Berlian itu juga investasi, misalnya dia beli diamond yang Rp20 juta, bisa saja tiga tahun kemudian berlian yang dia beli itu harganya Rp30 atau Rp40 juta,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya