Pertama! Transgender Lolos Kandidat Miss Universe Puerto Riko

Ilustrasi trans seksual, transgender
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA Lifestyle – Seorang wanita transgender untuk pertama kalinya terpilih untuk berpartisipasi dalam kontes Puerto Rico Miss Universe yang diadakan di wilayah Amerika Serikat, yang sebagian besar konservatif.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Daniela Arroyo Gonzalez, yang memenangkan gugatan federal terhadap pemerintah Puerto Riko mengenai hak semua orang untuk mengubah jenis kelamin mereka pada akta kelahiran, akhirnya terpilih sebagai kandidat Miss Universe pada hari Kamis, 23 Februari 2023. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Sebelumnya, dalam putusan pada bulan April 2018, Hakim Pengadilan Distrik AS Carmen Consuelo menulis bahwa Arroyo dan orang lain yang mengajukan gugatan telah menunjukan kekuatan bagi mereka yang suaranya, dilemahkan oleh diskriminasi dan telah dibungkam. 

Penjual Kopi Temukan Jasad Wanita Tanpa Kepala di Tangerang

Ilustrasi transgender.

Photo :
  • Newslocker

Melansir dari AP, Jumat, 24 Februari 2023, Arroyo juga ikut mendirikan Puerto Rico Trans Youth Coalition, sebuah kelompok pendukung dan jejaring transgender.

Viral Seorang Wanita Terapkan Hidup Hemat Ekstrem: Bisa Menabung Rp1,1 Miliar

Arroyo nantinya akan bersaing dengan kandidat lain yang mewakili 78 kota di pulau itu untuk memperebutkan gelar Miss Universe Puerto Rico.

Kontes Miss Universe sendiri telah mengizinkan transgender untuk berpartisipasi dalam pemilihan ratu sejagat tersebut sejak 2012. Diketahui, wanita transgender pertama yang berkompetisi di acara global tersebut terjadi pada tahun 2018.

Tahun lalu, seorang aktivis transgender dan taipan bisnis dari Thailand membeli Organisasi Miss Universe seharga US$20 juta atau setara dengan Rp303,8 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya