Suka Ngeluh Punya Kulit Berminyak? Dokter Bilang Banyak Kelebihannya Lho

Ilustrasi wanita/kulit wajah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Tak sedikit wanita yang kerap mengeluhkan tipe kulitnya yang berminyak. Selain makeup lebih cepat luntur, kulit berminyak juga lebih rentan terhadap masalah kulit, terutama jerawat

Pentingnya Pakai Sunscreen Sejak Usia Remaja, Cegah Penuaan Hingga Kanker Kulit

Tidak hanya itu, karena produksi minyaknya berlebih sehingga menyebabkan pori-pori pemilik kulit berminyak jadi lebih besar. Masalah lain yang kemudian muncul adalah kusam dan komedo. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Beauty Expert, Dr Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS, mengungkap, rupanya secara genetik kulit orang Asia memang cenderung berminyak. Namun, dokter yang akrab disapa Abel itu menegaskan, kulit berminyak tidak selamanya buruk. Bahkan dia mengatakan, kulit berminyak justru punya banyak kelebihan. Apa saja?

Olla Ramlan Tegaskan Unggahan Minta Tolong di Instagram Berasal dari Hati Terdalam

"Kulit berminyak itu bukan negatif. Kulit berminyak itu kelebihannya banyak sekali. Satu antioksidan, kedua kulitnya lebih tebel, jadi cadangan kolagennya lebih banyak dibanding orang yang kulitnya kering," ujar dr. Abel saat soft launching produk Fav Beauty, di Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis 23 Februari 2023. 

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Nah, karena memiliki cadangan kolagen yang lebih banyak, para pemilik kulit berminyak lebih tahan terhadap bahan aktif, sehingga bisa memakai skincare yang tingkat konsentrasinya lebih tinggi.  

Lebih jauh, dokter Abel menjelaskan, rupanya tipe kulit bukan hanya kering, berminyak dan kombinasi saja. Tapi, ada juga tipe kulit dehidrasi. 

"Kadang orang dateng ke klinik dengan keluhan 'saya kulitnya kering' padahal tipe kulit dia aslinya kulit berminyak, tapi dia dehidrasi. Kalo kita ngomong kulit dehidrasi, itu kulitnya kekurangan air," jelasnya. 

Sementara kulit kering, menurut Abel, kulitnya kekurangan minyak. Jadi kesimpulannya, untuk menentukan tipe kulit seseorang, dapat dilihat dari kadar minyaknya. 

"Kalau terlahir dengan kulit kering, berarti produksi sebumnya rendah. Kalau dia terlahir dengan kulit berminyak, produksi sebumnya itu banyak. Jadi kulit yang tipe berminyak pun perlu moisturizer," papar dr. Abel. 

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Bicara moisturizer, dokter Abel pun mengatakan sudah mencoba varian produk Fav Beauty. Menurutnya, cukup memakai sedikit produk moisturizer-nya, sudah bisa memberikan kelembapan yang baik untuk kulitnya dan sangat cocok untuk tipe kulit berminyak. 

"Bahan aktif dari day & night cream-nya menargetkan produksi melanin dalam berbagai pathway juga menghambat transport melanin dari melanosit ke permukaan kulit. Hal ini membuat terjadinya reaksi multi action brightening, maka akan sangat cocok untuk kulit kusam," pungkas dr. Abelina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya