Produksi Kolagen Menurun Setiap Hari Mulai Usia 25, Apa Dampaknya?

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle – Seiring bertambahnya usia, berbagai cara dilakukan untuk mencegah penuaan dengan menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Salah satu faktor penting untuk merawat kesehatan kulit adalah dengan menjaga kandungan kolagen pada tubuh. 

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

Namun dengan faktor usia dan gaya hidup, produksi kolagen dalam tubuh manusia akan menurun 1,5 persen setiap harinya mulai dari usia 25-30 tahun. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Educator and Skincare Expert, dr. Zie menjelaskan bahwa kolagen adalah protein yang berasal dari rantai asam amino yang menyusun 30 persen protein dari tubuh kita. Oleh sebab itu, untuk menjaga kadar kolagen dalam tubuh menjadi lebih stabil, kita perlu menjaga menjaga kesehatan dari dalam, salah satunya dengan memerhatikan kandungan yang kita konsumsi. 

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

“Selain faktor usia, produksi kolagen pada tubuh dapat menurun karena beberapa hal baik eksternal maupun internal. Untuk faktor eksternal contohnya seperti paparan radiasi sinar ultra violet (UV) dalam jangka panjang yang dapat mempercepat penuaan,” kata dia dalam acara media Gathering bersama Buavita di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Jumat 10 Maret 2023.

Banyak Aktivitas Luar Ruangan, Ria Ricis Risih dengan Kulit Wajahnya yang Menghitam

Dengan berkurangnya kandungan kolagen pada tubuh, semakin lama akan menyebabkan elastisitas kulit   berkurang, sehingga menyebabkan kulit kendur, dan muncul kerutan. 

Untuk menjaga kadar kolagen dalam tubuh agar tetap stabil kulit juga harus dijaga dari dalam. Salah satunya memerhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh termasuk makanan yang mengandung protein, vitamin A,C dan E. Seperti yang bisa diperoleh dari buah dan sayur yang dapat divariasikan dalam bentuk jus serta dimaksimalkan dengan gaya hidup sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya