Marak Beredar Skincare Palsu, Begini Cara Bedakan dengan yang Asli

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA Lifestyle – Industri kecantikan terus berkembang pesat. Kini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya merawat kulit. Tidak hanya wanita, para pria pun tak sungkan menggunakan skincare untuk merawat kulit wajah dan tubuh. 

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Skincare sendiri dibanderol dengan harga yang beragam. Beberapa brand berkualitas dan sudah punya nama, biasanya menawarkan harga yang lebih mahal dibanding produk lainnya. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu pemalsuan dari produk kecantikan, baik skincare maupun makeup. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Maggie Yue, CEO & Founder AXIS-Y, mengungkapkan, ada beberapa efek samping yang ditimbulkan jika menggunakan produk kecantikan palsu, antara lain timbul ruam, iritasi kulit, bahkan infeksi.

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

"Penjualan produk palsu ini dapat membahayakan kulit orang Indonesia, karena penggunaan bahan yang tidak higienis dan tidak bertanggung jawab, serta tidak adanya proses pengecekan keamanan sebelum pendistribusian," ujar Maggie dalam keterangannya, dikutip Kamis 20 April 2023. 

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Lebih lanjut Maggie mengatakan, banyak sekali beredar produk skincare palsu yang mengatasnamakan AXIS-Y di Indonesia. 

"Produk-produk AXIS-Y yang paling sering dipalsukan dan dijual bebas di platform e-commerce adalah Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack dan Dark Spot Correcting Glow Serum," ungkapnya. 

Untuk memverifikasi keaslian produk, Maggie dan pihaknya pun berinisiatif membuat aplikasi Hidden Tag sebagai langkah utama yang dapat diambil oleh konsumen. 

Aplikasi tersebut memindai hologram label Hidden Tag yang menyegel tiap kemasan produk AXIS-Y. Selanjutnya, konsumen akan diminta untuk memasukkan nomor keamanan tersembunyi. 

"Selain itu, konsumen juga dapat memerhatikan perbedaan yang ada pada tekstur, aroma, dan kemasan tabung atau botol produk untuk mengidentifikasi keaslian produk," papar Maggie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya